Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

nintendo logo

Akhirnya! Nintendo Konfirmasikan Penerus Nintendo Switch

Setelah banyak rumor dan bocoran, Nintendo akhirnya siap untuk mengumumkan konsol terbaru mereka yang akan menjadi penerus Nintendo Switch. Berbeda dengan sebelumnya, pengumuman ini langsung disampaikan oleh Nintendo, bahkan langsung disampaikan oleh president Nintendo yaitu Shuntaro Furukawa.

Pengumuman ini disampaikan oleh Furukawa bertepatan dengan laporan finansial Nintendo untuk tahun fiskal yang berakhir Maret 2024. Pengumumannya pun cukup mengejutkan. Tidak ada pengumuman besar-besaran, Furukawa hanya menyampaikannya lewat X (dulu Twitter).

“Ini Furukawa, President Nintendo. Kami akan menyiapkan pengumuman tentang penerus dari Nintendo Switch pada tahun fiskal ini,” ujar Furukawa. Sebagai referensi, tahun fiskal ini sudah dimulai sejak 1 April 2024 dan berakhir pada 30 Maret 2025.

“Sudah sembilan tahun berlalu sejak kami mengumumkan keberadaan Nintendo Switch pada Maret 2015. Kami akan mengadakan Nintendo Direct pada bulan Juni yang mengumumkan lini game Nintendo Switch yang akan rilis pada paruh akhir 2024, tetapi tolong perhatikan bahwa tidak akan ada penyebutan soal penerus Nintendo Switch dalam presentasi tersebut,” tutup Furukawa.

Rumor Nintendo Switch 2

Rumor mengenai penerus Nintendo Switch sudah lama beredar. Sayangnya, setiap rumor yang beredar itu selalu berbeda-beda, jadi kadang jadi sulit untuk dipercaya. Namun ada satu hal yang cukup menarik terungkap.

Dalam sidang penentuan akusisi Activision Blizzard oleh Microsoft, Activision mengatakan bahwa mereka sempat mendapatkan presentasi mengenai penerus Nintendo Switch langsung dari Nintendo.

Namun dengan konfirmasi langsung dari Nintendo ini, kalian tidak perlu lagi bertanya-tanya soal rumornya. Semuanya akan terungkap dengan detail ketika Nintendo mengumumkan resmi penerus Nintendo Switch yang sudah lama dinantikan.

NIntendo Switch

Kecemasan untuk Penerus Nintendo Switch

Tentunya konfirmasi resmi Nintendo ini adalah berita baik. Namun bagi kalian yang sudah mengikuti Nintendo sejak lama mungkin ada sedikit kecemasan yang muncul.

Nintendo punya sejarah untuk merubah bentuk media game dan juga controller game-nya. Sebagai referensi: GameCube memiliki media berupa mini DVD, Wii memiliki media DVD khusus, dan Wii U memiliki media HD-DVD khusus.

Perbedaan media ini sangat berpengaruh untuk backward compability. Kalau media untuk penerus Nintendo Switch itu bentuknya sangat berbeda dengan Nintendo Switch, semua game lama kalian jadi tidak akan bisa dimainkan di konsol terbaru.

Hal yang juga berlaku untuk controller-nya. Joy-Con untuk Nintendo Switch bisa dibilang sangat revolusioner. Controller ini dapat dilepas dan dipasang secara bebas ke Nintendo Switch, sehingga kalian bisa memainkan konsolnya secara portable atau main di TV.

Kalau penerus Nintendo Switch mengubah controller-nya secara radikal, bisa-bisa kegagalan Wii U bisa terulang kembali.

Belum lagi masalah kalau kalian sudah mengoleksi banyak Joy-Con yang ada banyak warnanya. Kalau Joy-Con tidak bisa digunakan lagi di penerus Nintendo Switch, koleksi controller kalian jadi tidak berguna dan nantinya hanya mengumpulkan debu saja.

Kapan Penerus Nintendo Switch Rilis?

Pastinya, jadwal rilis untuk penerus Nintendo Switch ini baru akan diumumkan pada pengumuman resmi yang masih dinantikan kapan akan dilaksanakan.

Meski begitu, jadwal rilisnya bisa dikira-kira. Nintendo mengatakan bahwa penerus Nintendo Switch akan diumumkan antara 1 April 2024 hingga 30 Maret 2025. Jadi ada kemungkinan penerus Nintendo Switch akan rilis pada awal tahun. Sebagai perbandingan, Nintendo Switch itu rilis pada tanggal 3 Maret 2017.

Selain itu, beredar rumor juga bahwa awalnya penerus ini akan rilis pada tahun 2024, tetapi rilisnya diundur ke awal 2025 agar bisa memiliki lini launch title yang lebih kuat. Tentunya launch title yang kuat adalah hal penting agar konsolnya laku dan bisa memainkan game yang bagus.

Leave A Comment