Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Star Realms: Permainan Kartu Bertema Sci-Fi

Permainan kartu yang bertarung antar pemain seperti Yu-Gi-Oh! dan Magic: The Gathering memang seru. Bahkan sudah ada banyak game kartu lainnya yang bisa kalian mainkan juga. Salah satu game kartu yang bisa kalian mainkan adalah Star Realms.

Star Realms ini dibuat oleh Wise Wizard Games, perusahaan yang didirikan oleh Rob Dougherty dan Darwin Kastle. Keduanya masuk Magic: The Gathering Hall of Fame. Berbeda dengan Magic: The Gathering, Star Realms adalah deck-building game, jadi artinya kalian ketika membeli game ini, kalian sudah mendapatkan semua kartu. Sedangkan dalam permainan, kalian akan membentuk deck yang bisa membantai lawan kalian.

Permainan kartu bertema Sci-Fi

Star Realms - versi fisik

Sesuai dengan namanya, Star Realms adalah game kartu yang bertema sci-fi. Dalam game ini terdapat 4 faksi:

  • Trade Federation: Berfokus menghasilkan Trade (uang) dan satu-satunya faksi yang bisa memulihkan HP.
  • The Blobs: berfokus untuk memberi damage yang besar dan menghapus kartu dari trade row.
  • Star Empire: Ahli dalam pertarungan dan menarik kartu dari deck serta membuat lawan membuang kartu.
  • Machine Cult: Ahli dalam menghapus kartu yang tidak diinginkan dan ahli dalam bertahan.

Semua kartu memiliki nilai Trade, yang menandakan harga kartu tersebut untuk dibeli. Sedangkan setiap kartu itu bisa menghasilkan Trade atau damage atau memulihkan HP atau kombinasi semuanya.

Tidak hanya itu, kartu juga memiliki efek spesial seperti membuat kalian bisa menarik kartu dari deck atau membuat lawan membuang kartu. Beberapa kartu juga bisa di-scrapped. Ini artinya kartu tidak bisa lagi dimainkan, tetapi memberi efek yang bagus untuk kalian.

Kartu juga dibagi menjadi pesawat yang hanya sekali pakai atau markas yang akan terus hadir di medan perang dan baru hilang kalau diserang musuh. Ada juga markas bernama Outpost yang memiliki lambang perisai hitam. Markas tipe outpost itu berfungsi sebagai pertahanan kalian karena musuh harus menghancurkan Outpost terlebih dahulu sebelum bisa menyerang kalian.

Ketika kalian bermain, kalian bisa melakukan mix-and-match antar faksi. Namun yang perlu diperhatikan, beberapa kartu memiliki efek tambahan kalau ada kartu dari faksi yang sama ada di medan perang. Jadi kalian harus mengatur strategi dengan tepat.

Hadir versi digital

Star Realms - Scrapped

Star Realms ini aslinya adalah game kartu fisik. Namun Wise Wizard Games juga merilis versi digital yang bisa kalian mainkan di perangkat mobile atau di PC. Uniknya, game ini mendukung cross-platform. Ini artinya kalian yang bermain di PC juga bisa bermain dengan pemain di mobile.

Game-nya bisa dimainkan secara gratis, tetapi versi gratisnya tidak lengkap. Versi gratis hanya bisa memainkan sebagian campaign saja dan hanya bisa bertarung melawan AI. Kalau kalian beli versi full, campaign tambahan akan dibuka, kalian bisa bermain multiplayer lokal dan serta multiplayer online.

Untuk bermain lokal, sistemnya cukup unik karena berupa pass and play. Jadi kalian harus memberikan kontrol ke pemain lain ketika giliran kalian sudah selesai.

Sedangkan untuk bermain online, sistemnya cukup unik karena kalian bisa bermain secara real-time melawan pemain lain atau dalam sistem 48 jam per giliran. Sistem 48 per giliran membuat kalian bisa bermain melawan pemain lain, tetapi tidak harus menunggu secara real-time. Kalian bisa melakukan giliran kalian selama 48 jam, jadi sistem ini cocok buat kalian yang waktunya tidak banyak.

Sayangnya untuk bermain online kalian memerlukan Credit yang akan digunakan setiap kali bermain. Credit ini bisa dibeli menggunakan uang nyata.

Cukup beli sekali

Keunikan dari Star Realms versi digital adalah kalian cukup membeli sekali saja untuk versi full dan juga ekspansi lainnya jika ingin bermain di platform lain. Jadi misalnya kalian sudah membeli versi full di PC, kalian bisa mengaplikasikan versi full di mobile.

Star Realms - Gameplay

Hal ini sangat menguntungkan kan Star Realms menghadirkan banyak ekspansi. Total ekspansi yang bisa kalian dapatkan ada 19, total menjadi 20 DLC jika dengan versi full.

Kesimpulan

Star Realms memang aslinya adalah game kartu fisik. Namun versi digital ini bisa jadi pilihan untuk kalian karena harganya jauh lebih murah daripada versi fisik. Tidak hanya itu, permainan menjadi lebih mudah karena kalian tidak perlu repot untuk setup dan membereskan setelah bermain. Bahkan kalian juga tidak perlu repot untuk menghitung saat melakukan serangan atau membeli pesawat.

Star Realms bisa kalian mainkan di PC, Android, dan iOS.

Leave A Comment