Manga Frieren: Beyond Journey’s End Siap Lanjut Kembali per 7 Agustus

Nana Miku

Salah satu anime yang cukup menarik perhatian pada akhir tahun lalu dan awal tahun ini adalah Frieren: Beyond Journey’s End. Anime ini mengadaptasi manga yang berjudul sama karya Kanehito Yamada dan Tsukasa Abe.

Beberapa bulan terakhir, manga ini hiatus terbit karena ada keperluan. Di bulan April, manga ini sempat hiatus selama sebulan. Tetapi setelah terbit kembali, manga ini kembali hiatus pada tanggal 15 Mei. Sayangnya alasan hiatusnya tidak diberitahukan.

Kini bagi para penggemar Frieren ada kabar baik. Akun X (dulu Twitter) resmi untuk Frieren telah mengumumkan bahwa serial manga ini akan lanjut terbit kembali pada Weekly Shonen Sunday edisi gabungan volume 37 – 38. Majalah tersebut akan rilis pada tanggal 7 Agustus.

Cerita Frieren: Beyond Journey’s End

Berbeda dengan cerita petualangan pada umumnya, cerita Frieren dimulai ketika grup pahlawan telah berhasil mengalahkan raja iblis dan menyelamatkan umat manusia. Cerita manga ini berfokus pada Frieren, seorang elf yang merupakan penyihir dari grup pahlawan.

Selama 10 tahun, Frieren sang penyihir elf pergi berpetualang bersama Himmel sang pahlawan, Heiter sang pendeta, dan Eisen sang pahlawan dwarf. Mereka memiliki misi untuk mengalahkan raja iblis.

Di akhir perjalanan mereka, Frieren pergi berpisah dengan grupnya, dan tidak mengerti bahwa aliran waktu elf itu berbeda dan manusia. Setelah 50 tahun berlalu, Frieren bertemu kembali dengan grupnya dan melihat teman-temannya yang sudah tua dan Himmel telah meninggal.

Melihat hal ini, Frieren mulai memikirkan tentang hubungan antar manusia yang sayangnya waktunya telah terlambat. Ia pun pergi berpetualang kembali untuk mencari tahu arti dari hubungan tersebut.

Manga Frieren: Beyond Journey’s End

Frieren: Beyond Journey’s End pertama kali rilis pada tanggal 28 April 2020 di majalah manga Weekly Shonen Sunday. Manga ini cukup terkenal, sudah memenangkan berbagai penghargaan.

Beberapa penghargaan yang dimenangkannya adalah New Creator Prize untuk Annual Tezuka Oasuma Cultural Prize ke-25 di tahun 2021. Pada tahun yang sama, Frieren juga memenangkan Manga Taisho Award ke-14.

Frieren juga pernah mendapatkan nominasi dalam Best Shonen Manga dalam Kodansha Manga Awards ke-45 di tahun 2021 dan penghargaan yang sama ke-46 di tahun berikutnya.

Setelah anime-nya tayang, manga-nya pun semakin terkenal. Setelah anime-nya tayang, penjualan manga-nya meningkat 7 juta kopi. Angka tersebut berhasil dicapai dalam waktu dua bulan sejak anime-nya tayang pertama kali.  Anime-nya bisa kalian tonton secara gratis di YouTube pada kanal Muse Asia.

Frieren: Beyond Journey's End Indonesia

Frieren juga terbit di Indonesia dengan judul Frieren: After the End. Versi Indonesia ditangani oleh M&C. Manga ini terbit di Indonesia sejak tahun 2022. Volume terbaru yang ada di Indonesia adalah volume 9 yang terbit pada Mei 2024.

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *