Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

XCOM: Enemy Unknown - cover

XCOM: Enemy Unknown, Sulitnya Hadapi Serangan Alien

Game yang penuh tantangan itu memiliki sensasi yang cukup berbeda dengan game pada umumnya. Selain bisa menantang kemampuan dan keahlian diri kalian, game penuh tantangan juga menghadirkan kepuasan luar biasa ketika kalian berhasil menyelesaikan tantangannya. Salah satu game yang penuh tantangan adalah XCOM: Enemy Unknown buatan Firaxis Games dan di-publish oleh 2K Games.

Game yang rilis pada tahun 2012 ini adalah reboot dari seri X-COM yang rilis pada tahun 1990an buatan MicroProse. Masih sama dengan game aslinya, dalam game ini kalian akan menjadi komandan dari XCOM, sebuah organisasi yang harus menghadapi alien.

Bumi diserang alien

XCOM: Enemy Unknown - mission select

XCOM: Enemy Unknown mengambil setting pada tahun 2015, bumi mulai diserang oleh pasukan alien. Negara-negara di seluruh dunia bekerjasama untuk mendirikan XCOM (Extraterrestrial Combat Unit), organisasi militer dan sains paling elit. Tugas organisasi ini adalah melindungi bumi dari serangan alien dan kalian menjadi pemimpin dari XCOM.

Tentunya pertarungan melawan alien tidaklah mudah. Selain setiap alien memiliki kemampuan berbeda, teknologi mereka jauh lebih canggih. Untungnya, kalian nantinya akan bisa menyerap teknologi alien ini untuk membantai par alien.

Urus markas

Dalam XCOM: Enemy Unknown, kalian memiliki dua tugas. Pertama adalah membangun markas kalian dengan berbagai fasilitas untuk memperkuat pasukan kalian. Sedangkan tugas kedua kalian adalah menjalankan misi untuk menghentikan para alien.

XCOM: Enemy Unknown - base

Untuk membangun markas, kalian bisa melihat markas dari samping dan melihat ada banyak ruangan kosong. Di sini, kalian bisa membangun berbagai fasilitas yang bisa memperkuat tentara kalian. Namun membangun markas tidak mudah. Di awal permainan, semua lahan terlihat kosong.

Kalian harus menentukan ruangan mana akan dibangun di bagian mana. Tidak hanya itu, membangun ruangan juga memerlukan uang dan energi. Energi memang hanya digunakan dalam markas, tetapi kalau habis akan cukup menyulitkan kalian karena harus membangun ruangan generator baru.

XCOM: Enemy Unknown - base

Sedangkan uang adalah sumber daya paling penting. Selain diperlukan untuk membangun markas, uang juga diperlukan untuk membeli persenjataan pasukan kalian, biaya perawatan ruangan markas, dan masih banyak lainnya.

Kalian bisa mendapatkan uang dari aliansi negara setiap bulannya serta dari misi. Namun kalian harus hati-hati karena kalian juga harus tetap melindungi negara-negara ini dengan menerbangkan satelit di negara mereka. Kalau tidak, mereka bisa menugundurkan diri dari aliansi dan pendapatan kalian akan berkurang.

Hadapi Alien

Tugas utama kalian dalam XCOM: Enemy Unknown adalah menghadapi alien, jadi kalian akan pergi ke lapangan dan akan bertarung secara turn-based. Dalam game ini, kalian tidak bisa main frontal karena bisa dipastikan akan langsung terbantai.

Untuk bisa selamat, kalian harus jalan sedikit demi sedikit untuk mencari posisi alien di mana sambil bersembunyi di balik lindungan agar bisa selamat ketika diserang musuh. Setiap gerakan akan mempengaruhi keselamatan kalian. Kalian bisa melakukan 2 aksi per karakter, jadi sebaiknya setelah kalian maju mencari musuh, kalian menyalakan aksi overwatch yang dapat otomatis menyerang musuh ketika tentara kalian melihatnya.

XCOM: Enemy Unknown - attack

Pasukan juga dibagi menjadi 4 class: Assault, Heavy, Sniper, dan Support. Masing-masing class tentunya memiliki kemampuan yang berbeda, jadi kalian harus menyusun tim dengan tepat. Pasukan juga bisa naik level dan mendapatkan kemampuan baru.

Tingkat kesulitan yang bikin nagih

Yang membuat XCOM: Enemy Unknown seru untuk dimainkan adalah tingkat kesulitan yang tinggi. Game ini akan benar-benar menguji kemampuan strategi kalian dalam menjaga markas dan ketika bertarung.

Kalian bisa dipastikan akan kesulitan untuk menghadapi banyaknya serangan alien, jadi kemungkinan kalian kehilangan negara pendukung itu cukup besar. Jadi kalian harus bisa mengatur keuangan dengan pintar.

XCOM: Enemy Unknown - battle

Sedangkan ketika bertarung, hal yang kalian harus perhatikan adalah ketika tentara kalian mati, tentara tersebut akan mati permanen. Kalau ini terjadi, berarti kalian harus merekrut lagi tentara baru dan harus meningkatkan level-nya lagi dari awal.

Hal yang akan membuat kalian stres hingga bisa membanting mouse atau keyboard adalah ketika kalian menyerang. Ketika melakukan serangan, kalian akan diberi persentase kemungkinan serangan kalian bisa kena.

Walau angkanya terlihat besar, serangan kalian pasti akan sering kali meleset. Bahkan sering kejadian ketika persentase sudah 90%, tetapi ternyata serangan tetap meleset. Bahkan hal ini sudah menjadi meme.

Kesimpulan

XCOM: Enemy Unknown adalah game turn-based klasik yang harus dicoba oleh penggemar game strategi. Berbagai hal akan membuat kalian kesulitan, tetapi hal ini tentunya akan semakin mengasah kemampuan strategi kalian.

Apalagi sekarang adalah momen yang tepat untuk mencoba game ini di PC. Saat ini Steam sedang mengadakan “Steam Capitalism and Economy Fest” sejak 8 Januari hingga 15 Januari. XCOM: Enemy Unknown mendapatkan diskon 90% hingga tanggal 19 Januari 2024, yang membuat harganya menjadi Rp. 19.999 saja.

XCOM: Enemy Unknown bisa kalian mainkan di PC, PlayStation 3, Xbox 360, perangkat Android dan iOS, serta PlayStation Vita.

One Reply to “XCOM: Enemy Unknown, Sulitnya Hadapi Serangan Alien”

Leave A Comment