Comiket 104 Tembus 260.000 Orang Pengunjung

Nana Miku

Salah satu acara terbesar dalam dunia otaku adalah Comic Market atau biasa disingkat Comiket. Pada akhir pekan lalu, tepatnya pada tanggal 11 – 12 Agustus 2024, Comiket 104 berlangsung di Tokyo Big Sight, Jepang.  Kini pihak pengurus telah mengungkapkan total pengunjung untuk Comiket 104.

Pihak pengurus mengungkapkan bahwa total pengunjung Comic Market 104 adalah sekitar 260.000 orang untuk hari Minggu dan Senin. Jumlah untuk masing-masing hari adalah sekitar 130.000 orang. Angka ini cukup luar biasa karena suhu maksimal untuk masing-masing hari menembus angka 35 derajat celsius menurut laporan Agensi Meteorologi Jepang.

Perbandingan dengan Acara-acara Sebelumnya

Comic Market 103 yang berlangsung pada Desember tahun lalu mencapai sekitar 270.000 pengunjung untuk total dua hari. Pengunjung di hari pertama adalah sekitar 140.000 orang, sedangkan pengunjung di hari kedua adalah sekitar 130.000 orang.

Comiket 102 yang berlangsung pada Agustus 2023 menghapus jumlah pembatasan pengunjung.

Pengurus Comic Market sempat membatasi jumlah pengunjung pada saat Covid-19 di tahun 2021 dan 2022. Acara Comiket 99 pada Desember 2021 berhasil menarik sekitar 110.000 orang untuk 2 hari. Sedangkan Comiket 100 yang berlangsung pada Agustus 2022 berhasil menarik perhatian sekitar 170.000 orang untuk dua hari. Sedangkan Comiket 101 pada Desember 2022 menarik 180.000 orang untuk dua hari.

Comiket 97 adalah Comiket terakhir sebelum terjadi pandemi. Acara ini berhasil menarik orang sebanyak 750.000 orang untuk empat hari. Angka ini berhasil mencetak rekor jumlah pengunjung terbanyak. Pengunjung harian mencetak angka sekitar 180.000 hingga 190.000 orang.

Rekor jumlah pengunjung acara ini dalam satu hari adalah 210.000 orang. Angka ini berhasil dicapai oleh Comiket 93 dan 94.

Apa itu Comiket?

Comiket

Comic Market atau biasa disebut Comiket adalah acara karya doujin (yang diterbitkan sendiri) terbesar di Jepang, bahkan di dunia. Acara ini berlangsung setiap tahun sebanyak dua kali, di musim panas dan di musim dingin.  Summer Comic Market biasanya berlangsung pada Agustus dan Winter Comic Market biasanya berlangsung di bulan Desember.

Kini Comiket juga sudah menarik perhatian banyak otaku dari seluruh dunia. Tidak hanya sebagai pengunjung saja, bahkan ada beberapa otaku dari luar negeri yang pernah membuka booth di Comiket. Beberapa otaku Indonesia juga sudah pernah ada yang membuka booth di acara besar ini.  

Karena jumlah pengunjung luar Jepang semakin banyak, kini ComiketPC juga memiliki akun X (dulu Twitter) khusus untuk tamu internasional, baik yang ingin jadi pengunjung atau yang membuka booth.

Comiket adalah acara fans yang non-profit. Acaranya ditangani oleh Comic Market Preparatory Committee (ComiketPC) yang isinya adalah para volunteer.

Comiket pertama kali diadakan pada tanggal 21 Desember 1975.

Area Comiket

comiket 104 - antrian

Acara ini biasanya dibagi menjadi tiga area. Area pertama adalah Pasar Doujin. Di sini, kelompok-kelompok orang menerbitkan berbagai karya buatan mereka yang tidak dijual secara komersil. Jumlah kelompok yang hadir di setiap Comic Market rata-rata adalah 35.000 kelompok.

Barang-barang yang biasanya dijual oleh para kelompok adalah doujinshi atau yang bisa diartikan sebagai buku yang diterbikan sendiri. Bukunya bisa berupa manga, novel, atau pun majalah. Ada juga kelompok yang membuat video game, board game, musik, pakaian, dan lainnya.

Barang-barang di Comic Market biasanya adalah karya derivatif buatan fans yang mengadaptasi karya anime, video game dan lainnya. Menurut hukum Jepang ini adalah legal. Sejak acara pertama, pihak ComiketPC selalu menyimpan kopi dari semua karya yang dijual di Comiket. Total karya yang sudah disimpan sudah lebih dari 2,1 juta karya.

comiket 104 - cosplay

Area berikutnnya adalah area cosplay. Acara ini menarik banyak cosplayer yang ingin memamerkan kostum yang mereka kenakan. Ini adalah kesempatan emas karena banyak hampir seluruh otaku berkumpul di acara ini, sehingga pasti kostum mereka akan diapresiasi oleh banyak orang.

Area terakhir adalah booth korporat. Setiap tahunnya ada banyak booth korporat seperti perusahaan besar seperit penerbit video game dan manga. Biasanya ada juga sesi meet and greet dengan selebriti.

Acara ini juga menjadi ladang penting bagi para penerbit karena mereka bisa menemukan talenta-talenta baru di acara ini.

Comiket Berikutnya

comiket 105

Comic Market Berikutnya adalah Comic Market 105 yang akan berlangsung pada tanggal 29 – 30 Desember 2024 di Tokyo Big Sight, Jepang. Acara ke 105 ini juga akan menandakan peringatan 50 tahun dari acara ini.

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *