Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Bukan Mimpi! Menyicip Demo Granblue Fantasy: Relink

8 tahun telah berlalu sejak pertama kali diumumkan, Granblue Fantasy: Relink akhirnya akan rilis sebentar lagi. Menyambut jadwal rilisnya pada tanggal 1 Februari 2024, Cygames membagikan demo untuk game action RPG ini di PlayStation 5 dan PlayStation 4.

Mimin pun langsung memanfaatkan kesempatan ini karena penasaran banget dengan game-nya. Mimin sudah menunggu game ini sejak pertama kali diumumkan.

Demo dibagi jadi 3

Ternyata demo ini dibagi menjadi 3 bagian: Tutorial, Story Demo, dan Quest Demo. Sesuai namanya, dalam tutorial, kalian bisa mempelajari gameplay dari Granblue Fantasy: Relink. Kalian akan mempelajari cara menyerang, sistem Arts, menangkis dan menghindar, dan lainnya.

Sedangkan dalam Story Demo, kalian bisa melihat sedikit cuplikan bagaimana cerita dalam game ini. Demo-nya memperlihatkan cuplikan gameplay di cerita utama. Kalian tidak perlu takut soal spoiler karena bagian ini hanya memperlihatkan cerita membasmi goblin yang menyerang desa saja.

Sedangkan Quest Demo memperlihatkan salah satu bagian endgame dan juga bagian multiplayer dari Granblue Fantasy. Kalau kalian pernah bermain seri Monster Hunter, segmen ini cukup mirip. Kalian bisa mengambil quest dari NPC khusus untuk melawan musuh yang kuat. Quest ini bisa kalian mainkan sendiri atau online bersama pemain lain.

Gameplay

Granblue Fantasy: Relink adalah game action RPG yang mengadaptasi dari game mobile Granblue Fantasy. Berbeda dengan game utamanya yang merupakan turn-based RPG, dalam Relink kalian bisa bergerak dengan bebas.

Sama seperti game action pada umumnya, kalian bisa melakukan serangan normal dengan kotak dan serangan kuat dengan segitiga. Tentunya kalian bisa melakukan serangan combo. Terdapat juga link attack dengan menekan tombol lingkaran untuk serangan kombinasi bersama party. Lalu kalian bisa mengaktifkan skill dengan menekan tombol R1 + tombol aksi. Kalian bisa meningkatkan kekuatan skill dengan melakukan serangan combo.

Terakhir, ada Skybound Arts yang merupakan serangan spesial kalian. Sama seperti game mobile-nya, kalian bisa melakukan Skybound Arts berturut-turut dengan anggota party untuk mengaktifkan Chain Burst yang merupakan serangan tambahan setelah semuanya melakukan Skybound Arts.

Story Demo

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Story Demo ini memperlihatkan cuplikan cerita yang tidak memberikan spoiler besar. Kalian akan tiba di sebuah pulau yang terdapat desa yang diserang oleh goblin.

Tugas kalian adalah mencari warga desa yang ditangkap oleh goblin. Di sini, kalian bisa merasakan seperti apa gameplay di story mode. Kalian akan bisa menjelajahi peta untuk menemukan item dan kotak harta karun. Bahkan ada kotak harta karun rahasia yang baru terbuka setelah kalian mengumpulkan sejumlah tanda dalam waktu terbatas, serupa dengan di seri Mario.

Demo berakhir dengan pertarungan melawan boss goblin yang berukuran besar. Di sini, kalian harus bermain dengan cukup jeli, tidak bisa asal pukul saja. Kalian harus bisa tahu kapan harus menghindar, menyerang, dan melakukan Skybound Arts.

Quest Demo

Dalam bagian quest, kalian bisa bertarung melawan berbagai boss. Bisa dibilang ini adalah bagian endgame karena boss yang dilawan sangat kuat dan memerlukan kerjasama yang tepat dengan NPC atau pemain lain.

Bagian quest ini mengingatkan akan gameplay dari Monster Hunter. Kalian akan mengambil quest dan berusaha untuk mengalahkan sang boss dengan secepat mungkin dan seefektif mungkin.

Saat melawan boss, ada juga side mission yang akan memengaruhi juga skor akhir kalian. Contoh side mission adalah mengalahkan boss dalam waktu 2 menit, tidak boleh mati lebih dari 2 kali, dan masih banyak lainnya.

Impresi

Setelah mencoba demo-nya, mimin makin ga sabar untuk memainkan Granblue Fantasy: Relink. Pertarungan cukup mudah dilakukan, tetapi masih menawarkan tantangan yang seru. Buat yang tidak jago bermain game action pun tidak khawatir. Game ini menawarkan Assist Mode untuk membantu saat bertarung dengan combo otomatis dan menggunakan skill dan item secara otomatis. Sedangkan Full Assist Mode akan membuat karakter otomatis bertarung, kalian hanya perlu menggerakan karakter saja.

Mencoba demo ini juga adalah hal baik bagi kalian yang sudah pasti membeli game-nya. Dengan menyelesaikan Story Demo dan semua quest di Quest Demo, kalian akan mendapatkan hadiah yang bisa digunakan dalam game-nya nanti ketika rilis.

Granblue Fantasy: Relink akan rilis pada tanggal 1 Februari 2024 untuk PlayStation 5, PlayStation 4, dan PC.

Leave A Comment