Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

logo game terbaru Kojima Productions OD

Gaet Bintang Film & Xbox, Hideo Kojima Umumkan OD

Siapa sih yang tidak kenal dengan nama Hideo Kojima? Game director asal Jepang ini terkenal membuat seri Metal Gear Solid yang sudah terkenal di seluruh dunia. Dalam gelaran The Game Awards 2023 yang berlangsung pada minggu lalu, Hideo Kojima memberi kejutan dengan mengumumkan proyek baru yang berjudul OD.

OD, cerita horror yang menghapus batasan film dan game

Pengumumannya disampaikan melalui video teaser yang penuh misteri. Teaser-nya memperlihatkan beberapa orang yang mengulang kata-kata yang sama, tetapi dengan emosi yang berbeda: “The hungry purple dinosaur ate the kind, zingy fox, the jabbering crab and the mad whale and started vending and quacking.” Teasernya juga mengumumkan sejumlah bintang film yang ikut proyek ini, yaitu: Sophia Lillis yang terkenal memerankan Doric di film Dungeons and Dragons: Honor Among Thieves; Hunter Schafer yang terkenal memerankan Jules Vaughn di serial Euphoria; dan Udo Kier yang memerankan Yuri di Command and Conquer: Red Alert 2. Teaser ini juga mengungkapkan bahwa Kojima Productions bekerjasama dengan Xbox Game Studios untuk OD.

Untuk kalimat yang diucapkan berkali-kali di teaser itu memang membingungkan. Tetapi kalimat tersebut adalah pangram, kalimat yang menggunakan semua huruf alfabet. Mengenai OD, Hideo Kojima menjelaskan, “Kami bekerjasam sama dengan Xbox Game Studios dan teknologi cloud gaming mereka untuk mengambil tantangan untuk membuat game dengan gaya yang unik, imersif, dan benar-benar baru – mungkin lebih tepat disebut sebagai bentuk media baru.”

screenshot teaser OD Xbox

Kojima Productions juga mendeskripsikan bahwa OD akan menjelajahi konsep dari menguji coba batas ketakutan kalian, dan apa artinya overdosis ketakutan – sambil menghapus batasan antara game dan film.

OD ini memang akan dibintangi oleh bintang ternama, tetapi ternyata untuk sisi dibalik layar pun Hideo Kojima berkolaborasi dengan sutradara ternama juga. Orang pertama yang berkolaborasi adalah Jordan Peele, komedian yang kemudian terkenal menyutradarai film horror Get Out dan Nope.

Di X (dulu Twitter), Hideo Kojima juga mengungkapkan bahwa untuk OD ini, ia akan berkolaborasi dengan berbagai storyteller yang kreatif. Dia menjelaskan bahwa selama beberapa tahun terakhir, ia telah menjelajahi dunia seperti Takashi Shimura yang mencari “Seven Samurai.” Tentunya nama-namanya belum diketahui, tetapi Kojima sebelumnya pernah berkolaborasi dengan sutradara lainnya yaitu Guillermo del Toro untuk Silent Hills yang sayangnya dibatalkan dan juga Death Stranding.

Pada The Game Awards 2022, Hideo Kojima mengumumkan Death Stranding 2 yang bekerjasama dengan Sony dan akan rilis untuk PlayStation 5. Kemudian Hideo Kojima mengatakan bahwa dia memang menyiapkan Death Stranding 2 bersama Sony dan “proyek yang avant-garde” bersama dengan Microsoft. OD adalah judul avant-garde yang sudah disinyalkan sebelumnya.

Untuk platform OD memang masih belum diumumkan. Namun karena bekerjasama dengan Xbox Game Studios, kemungkinan besar game ini akan rilis di Xbox Series X/S. Mengingat saat ini hampir semua game Xbox juga keluar di PC, jadi OD kemungkinan besar akan rilis di PC juga.

Siapa itu Hideo Kojima?

Hideo Kojima terkenal akan seri Metal Gear Solid ketika ia bekerja di Konami. Namun karena kasus Konami yang memperkejakan pegawainya bagai napi, Hideo Kojima akhirnya keluar dan mendirikan studio game Kojima Productions.

Sejak kecil, Hideo Kojima sudah menyukai film, bahkan hingga sering membuat film pada saat sekolah. Saat kuliah, Kojima sebenarnya ingin masuk ke industri produksi film, tetapi pada akhirnya masuk ke industri game. Jadi tidak heran kalau game-gamenya Hideo Kojima itu sering terasa seperti film.

Kini nama Hideo Kojima sudah terkenal di seluruh dunia, Kojima bisa kembali mengejar mimpi masa kecilnya yaitu memproduksi film. Sejak Metal Gear Solid V: The Phantom Pain, Kojima sudah berkolaborasi dengan bintang Kiefer Sutherland. Sejak saat itu, proyeknya dipenuhi dengan nama-nama Hollywood, termasuk Guillermo del Toro, Norman Reedus, dan masih banyak lainnya. Bahkan pada tahun 2021, Kojima Productions membuka divisi bisnis baru di Los Angeles yang dikhususkan untuk film dan serial TV. Di tahun 2022, Kojima Productions juga mengumumkan bahwa mereka akan membuat film yang berdasarkan Death Stranding bersama Hammerstone Studios.

Leave A Comment