Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Like a Dragon Gaiden: The Man Who Erased His Name, Kiryu Jadi Agen Rahasia

Yakuza 6 adalah petualangan terakhir dari Kazuma Kiryu, yakuza legendaris yang terkenal sebagai Dragon of Dojima. Namun dalam Yakuza: Like a Dragon (Yakuza 7, Like a Dragon adalah judul baru seri Yakuza). ada kejutan berupa Kiryu muncul dalam game tersebut.

Like a Dragon Gaiden - Joryu

Pada akhir 2023, Sega dan Ryu ga Gotoku Studio merilis game kejutan yaitu Like a Dragon Gaiden: The Man Who Erased His Name. Game ini merupakan spin-off dari Yakuza: Like a Dragon yang menceritakan apa yang dilakukan Kiryu selama kejadian yang terjadi di Yakuza: Like a Dragon.

Joryu, sang agen rahasia dari faksi Daidoji

Dalam akhir Yakuza 6, Kiryu memalsukan kematiannya dan bersembunyi demi melindungi anak-anak asuhnya di panti asuhan. Kiryu membuat janji dengan faksi Daidoji, sebuah faksi politik besar yang diam-diam menguasai Jepang.

Like a Dragon Gaiden - Costume

Dengan janji ini, Kiryu menjadi anak buah Daidoji dan bergerak sebagai agen rahasia dengan kode nama Joryu. Suatu hari, ia ditugaskan untuk menjaga sebuah proses penyelundupan. Tetapi operasi penyelundupan tersebut tiba-tiba diserang oleh sekelompok orang yang bertopeng. Karena kasus ini, ia ditugaskan untuk menyelidiki siapa sebenarnya yang menyerang mereka.

Sistem pertarungan brawler

Yakuza: Like a Dragon adalah sekuel yang mengejutkan karena selain menghadirkan tokoh utama baru. Game tersebut juga mengubah gameplay seri Like a Dragon dari brawler menjadi turn-based RPG. Ke depannya pun semua game Like a Dragon akan menggunakan gameplay tersebut, seperti yang dibuktikan oleh sekuel Like a Dragon: Infinite Wealth yang akan rilis pada 26 Januari 2024.

Like a Dragon Gaiden - Battle

Untungnya, Like a Dragon Gaiden menghadirkan gameplay klasik yaitu brawler. Bagi yang sudah familiar dengan seri ini, gameplay-nya tidak berubah banyak. Kini Kiryu memiliki dua gaya bertarung: Agent dan Yakuza.

Sesuai dengan namanya, Agent akan membuat Kiryu bertarung dengan lihai, bisa menangkis dan menyerang dengan cepat. Agent juga membuat Kiryu bisa menggunakan gadget spesial seperti Spider yang berupa kawat yang bisa digunakan untuk melempar musuh atau Hornet yang berupa drone yang bisa menyerang musuh. Sedangkan Yakuza adalah gaya bertarung klasik dari Kiryu yang memiliki kekuatan serangan yang lebih kuat.

Cerita filler

Dari premis ceritanya, Like a Dragon Gaiden terlihat menjanjikan, karena tentunya kalian penasaran apa saja yang Kiryu lakukan saat Yakuza: Like a Dragon berlangsung. Namun sayangnya cerita yang dihadirkan tidak sesuai ekspektasi.

Cerita utama Like a Dragon Gaiden sedikit tertahan karena kalian harus meningkatkan level Akame Network. Jaringan milik informan bernama Akame, dan juga meningkatkan rangking di Colosseum jika ingin bisa melanjutkan cerita utama.

Like a Dragon Gaiden - Akame

Cerita utamanya pun kurang memuaskan. Sebagai game spin-off dari Yakuza: Like a Dragon, cerita utamanya bisa dibilang hampir tidak berhubungan sama sekali dengan cerita dari Yakuza: Like a Dragon. Momen yang berhubungan dengan game utamanya baru terjadi di akhir game.

Meski cerita utamanya kurang memuaskan, ending dari Like a Dragon Gaiden untungnya sangat memuaskan, terutama bagi yang sudah mengikuti kisah Kiryu dari Yakuza 0 hingga Yakuza 6.

Kesimpulan

Sebagai game spin-off, Like a Dragon Gaiden bisa dibilang kurang memuaskan dari segi cerita, kecuali bagian ending-nya. Namun di sisi gameplay, tentunya game ini tidak perlu diragukan lagi.

Setelah Lost Judgment dengan sistem pertarungan yang meningkat jauh, Like a Dragon Gaiden tetap mempertahankan keseruan pertarungan tersebut. Kiryu lebih responsif ketika bertarung dan lebih mudah untuk menghadapi musuh yang banyak.

Like a Dragon Gaiden - Cabaret

Bukan seri Like a Dragon kalau tidak ada banyak aktivitas yang dilakukan. Like a Dragon Gaiden masih menghadirkan banyak aktivitas yang kalian bisa lakukan, mulai dari balapan Pocket Circuit yang seperti balapan Tamiya, Colosseum buat yang gemar bertarung, Cabaret Club yang menggunakan video real life, arcade, dan masih banyak lainnya.

Like a Dragon Gaiden bisa kalian di Xbox Series X/S, PlayStation 5, Xbox One, PlayStation 4, dan PC. Like a Dragon Gaiden juga dilengkapi dengan demo Like a Dragon: Infinite Wealth yang bisa kalian mainkan setelah menamatkan game-nya.

Leave A Comment