Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Like a Dragon: Infinite Wealth, Petualangan di Hawaii Tanpa Batas

Entri terbaru dari seri Like a Dragon (dulu dikenal sebagai Yakuza) telah rilis dan berjudul Like a Dragon: Infinite Wealth. Game ini ternyata menghadirkan banyak kejutan karena petualangan terbaru Ichiban Kasuga ternyata tidak lagi di Jepang, tetapi di Hawaii. Tidak hanya itu, ternyata game ini juga menghadirkan sistem dua tokoh utama yaitu Ichiban Kasuga dan Kazuma Kiryu.

Mengejar Ibu

Cerita dimulai ketika Ichiban sudah bebas dari kejadian di Yakuza: Like a Dragon dan kini bekerja di Hello Work untuk membantu para mantan yakuza mendapatkan pekerjaan. Suatu hari, ia dihubungi oleh Sawashiro yang mengatakan bahwa ibu kandungnya masih hidup.

Ibu kandung Ichiban ternyata masih hidup dan sekarang tinggal di Hawaii. Namun kini sang ibu tiba-tiba menghilang dan Sawashiro pun menugaskan Ichiban pergi ke Hawaii untuk mencari ibunya.

Begitu tiba di Hawaii, Ichiban pun langsung mencoba mencari ibunya. Namun pencariannya ini membuatnya terlibat dengan kasus besar yang ada di Hawaii. Di sana juga, ia bertemu dengan Kazuma Kiryu, tokoh utama seri Like a Dragon sebelumnya. Ternyata, Kiryu juga sedang menjalankan tugas dari Daidoji Faction untuk mencari ibu Ichiban.

Hawaii yang Luas

Di Like a Dragon: Infinite Wealth, kalian bisa menjelajahi peta terbaru yang tidak lagi mengambil setting di Jepang. Peta Hawaii ini ukurannya sangat besar, bahkan peta Yokohama yang hadir di game sebelumnya terasa menjadi kecil.

Peta kali ini benar-benar terasa beda suasananya. Berbeda dengan Jepang dengan lahan yang sempit, bangunan-bangunan dan jalan-jalan di Hawaii terasa sangat besar. Bahkan ada dua mall besar yang bisa kalian jelajahi dengan bebas.

Tidak hanya Hawaii, kalian juga akan tetap bisa menjelajahi Yokohama dan Kamurocho. Jadi kalian bisa dipastikan tidak akan kehabisan tempat untuk dijelajahi.

Kiryu, Sang Tokoh Utama Kedua

Ternyata selain mengendalikan Ichiban sebagai tokoh utama, kalian juga akan mengendalikan Kiryu sebagai tokoh utama lainnya. Di pertengahan game, Kiryu akan berpisah dengan Ichiban dan pergi ke Jepang.  Jadi nanti kalian akan bisa menikmati cerita dari dua sisi: cerita Ichiban di Hawaii dan cerita Kiryu di Jepang. Walau setting cerita dan karakternya berbeda, kedua cerita ini berhubungan dengan penting.

Game ini juga menjadi perpisahan bagi Kiryu yang akan segera pensiun sebagai tokoh utama. Karena itu, Ryu ga Gotoku Studio menyiapkan perpisahan yang spesial berupa bucket list (daftar hal-hal yang ingin dilakukan sebelum meninggal) bagi Kiryu.

Sepanjang permainan sebagai Kiryu, kalian akan dibawa mengenang kembali dengan berbagai kejadian dan orang-orang yang kalian temui di game-game sebelumnya. Buat yang sudah mengikuti seri Yakuza/Like a Dragon dari awal, hal ini akan membuat kalian sangat sedih.

Peningkatan Gameplay

Yakuza: Like a Dragon menghadirkan kejutan berupa gameplay yang berubah dari pertarungan yang action menjadi turn-based RPG. Game tersebut berhasil mengimplementasi sistem RPG dengan baik walau mungkin ada beberapa kekurangan.

Di Like a Dragon: Infinite Wealth, Ryu ga Gotoku Studio terlihat sudah belajar banyak dan menghadirkan banyak peningkatan. Salah satu peningkatan terbesar di sistem pertarungan adalah kini kalin bisa menggerakan karakter sebelum menyerang.

Sistem bergerak ini menghadirkan banyak peningkatan ke gameplay. Dengan ini, kini banyak skill yang berfokus pada sistem gerak agar kalian bisa menyerang musuh yang banyak sekaligus dengan efisien. Tidak hanya itu, game-nya juga menghadirkan sistem serangan combo berdasarkan posisi anggota party.

Peningkatan lainnya adalah kini serangan biasa kalian bisa memulihkan MP dan juga ada sistem untuk membantai lawan yang jauh lebih lemah secara langsung sehingga kalian tidak buang-buang waktu ketika sedang menjelajahi peta.

Konten Tanpa Akhir

Salah satu keseruan dari seri Like a Dragon adalah banyaknya konten sampingan yang bisa kalian nikmati, mulai dari substory yang sangat menarik, berbagai mini-game yang bervariasi, hingga konten sampingan yang ukurannya sangat besar, bahkan memiliki cerita sendiri.

Like a Dragon: Infinite Wealth menghadikan dua konten sampingan besar yang bisa kalian nikmati. Konten pertama adalah Sujimon Battle. Sujimon adalah indeks musuh yang bisa kalian kumpulkan yang terinspirasi dari Pokemon dan pertama kali diperkenalkan di Yakuza: Like a Dragon.

Di sekuel ini, Sujimon kini bisa bertarung dalam pertarungan 3 lawan 3 secara turn-based. Sistem petarungannya terlihat terinspirasi dari Pokemon juga, menghadirkan sistem elemen yang mempengaruhi kelemahan dan kekuatan Sujimon. Konten ini juga menghadirkan cerita yang membuat kalian harus mengalahkan gym leader sebelum bisa menantang sang juara Sujimon.

Konten sampingan besar kedua adalah Dondoko Island. Konten ini sangat terinspirasi dari Animal Crossing yang membuat kalian bisa mendesain pulau sesuka hati. Dalam Dondoko Island, kalian harus membuat pulaunya indah kembali agar bsia menjadi resort yang mengundang banyak tamu.

Kesimpulan

Like a Dragon: Infinite Wealth bisa dibilang sangat memuaskan dari segi gameplay. Sistem pertarungan berhasil ditingkatkan dengan drastis dan juga ada banyak konten yang bisa kalian mainkan. Ryu ga Gotoku Studio terlihat sangat berfokus untuk meningkatkan gameplay dari game sebelumnya, bahkan kini tidak ada difficulty spike yang membuat kalian harus grinding sebelum bisa melanjutkan cerita.

Namun sayangnya untuk segi cerita, bisa dibilang cerita di Like a Dragon: Infinite Wealth tidak sebagus Yakuza: Like a Dragon. Ceritanya terlihat terkesan dipaksa memiliki skala yang besar. Ditambah dengan cerita yang dibagi dua antara cerita utama dan cerita perpisahan Kiryu, cerita yang dihadirkan dalam game ini terasa kurang menggigit.

Jadi walau ceritanya kurang menggigit, gameplay yang dihadirkan benar-benar meningkat drastis sehingga kalian tidak akan bosan dengan game ini.

Like a Dragon: Infinite Wealth bisa kalian mainkan di PlayStation 5, Xbox Series X|S, PlayStation 4, Xbox One, dan PC.

Leave A Comment