Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Metaphor: ReFantazio Perkenalkan Cerita & Setting di Presentasi Terbaru

Penerbit Atlus dan pengembang Studio Zero telah menayangkan presentasi “Atlus Exclusive” ketiga untuk Metaphor: ReFantazio. Pada video presentasi ketiga ini, mereka memperkenalkan cerita, setting, dan karakter dari game RPG terbaru ini.

Premis Cerita

Metaphor: ReFantazio akan menghadirakn cerita menjalin hubungan dan menjadi raja dalam setting yang unik. Setting-nya adalah sebuah kerajaan yang menghadapi kekacauan karena rajanya telah dibunuh.

Tokoh utamanya adalah seorang lelaki muda yang pergi berpetualan bersama rekannya, Gallica sang peri, demi menyelamatkan pangeran yang terkutuk. Namun di tengah perjalanan ini, sihir pemilihan umum yang belum pernah dilakukan terjadi. Sang tokohutama terlibat dalam sihir ini dan kini harus pergi berpetualang mengelilingi dunia.

Monster yang Disebut “Manusia”

Dalam setting Metaphor, atmosfir dunianya dipenuhi dengan partikel kegelisahan yang dibuat oleh perasaan gelisah orang-orang.  Ini adalah sumber sihir dari dunia ini, yang mempengaruhi dunianya dengan berbagai cara. Partikel yang bernama magla dihisap dan dikumpulkan oleh alat khusus di kota.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa partikel ini contohnya digunakan sebagai sumber uang dari kerajaan. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah magma meningkat dan monster bermunculan. Contoh yang paling jelas dari kejadian ini adalah monster yang dikenal sebagai “manusia.”

Desain dari manusia ini terinspirasi dari berbagai lukisan karya pelukis masa pertengahan Hieronymus Bosch. Karakter misterius dalam lukisan Bosch sering dideskripsikan sebagai gambaran pertama dari makhluk monster atau fantasi di dunia.

Metaphor juga telah mengundang artis tamu seperti Koda Kazuma untuk gambar konsep latar belakang, Ikuto Yamashita untuk desain Gauntlet Runner, dan Yuji Himukai untuk beberapa desain Archetype. Untuk game ini, Hieronymus Bosch juga bisa disebut sebagai artis tamu keempat yang membantu kami. Pada tokoh utama akan bertemu dengan orang-orang yang menderita menghadapi ancaman ini, dan perjalanan mereka akan penuh rintangan.

Perkara Dunia

Cerita Metaphor mengambil setting di United Kingdom of Euchronia, sebuah negara yang awalnya dibagi menjadi tiga negara yang kemudian disatukan. Namun kekuatan keluarga raja telah melemah dan sebagaian kader dari agama negara yang dikenal sebagai Sanctism kini telah menguasai negaranya. Di puncak agama tersebut adalah Sanctifex Forden. Raja yang sudah tua tidak memiliki penerus, dan kini banyak orang yang melihat Forden yang moderat sebagai pemimpin mereka berikutnya untuk menghindari ketidakstabilan politik. Di sisi lain, ada beberapa orang yang tidak setuju dengan visi Forden dan Sanctist.

Metaphor: ReFantazio

Orang yang memimpin kelompok yang tidak setuju ini adalah Louis, yang sudah menjadi tentara elit sejak muda. Louis adalah orang yang menyatakan bahwa kerajaan telah dipenuhi oleh manusia karena kegelisahan yang dibawa oleh raja dan Sanctism. Dan Louis ingin melindungi orang-orang lemah yang mengikutinya dari monster. Louis juga adalah figur yang berkarisma dengan jumlah pendukung yang terus bertambah di berbagai lokasi.

Cerita Metaphor dimulai dengan adegan mengejutkan ketika Louis membunuh raja. Bahkan, Louis adalah pengkhianat besar yang tidak hanyamembunuh raja, tetapi juga berencana membunuh pangeran yang akan pewaris kerajaan.

Karena raja sudah dibuuh, jika Louis memenangkan pertarungan melawan Forden, ia yang telah membunuh dua generasi kerajaan bisa menjadi raja berikutnya. Ini adalah situasi yang tidak diinginkan oleh para pendukung raja.

Sebelumnya sudah dikatakan bahwa sang tokoh utama pergi berpetualang bersama Gallica sang peri demi menyelamatkan pangeran yang dikutuk. Tetapi misi sebenarnya adalah mengalahkan Louis, orang yang mengeluarkan kutukannya. Sejak awal cerita, misi sang tokoh utama dan Gallica adalah untuk membunuh sang pengkhianat, Louis.

Tujuan dari Perjalanan

Membunuh Louis adalah perjalanan yang luar biasa bagi sang tokoh utama tanpa nama dan rekannya Gallica. Simbol dari kekuatan Louis adalah Charadrius, satu-satunya Gauntlet Runner yang terbang di dunia itu, dan menjadi markasnya. Namun sang tokoh utama bertemu dengan manusia meski belum bertemu Louis dan dalam kejadian itu, ia membangkitkan Archetype, kekuatan pahlawan dari dalam hati, dan dia bisa selamat walau kesakitan.

Sang tokoh utama mencoba untuk membunuh Louis dalam proses pemakaman kerajaan. Tetapi tiba-tiba muncul wajah sang raja, yang seharusnya sudah mati, di langit dan menyatakan bahwa pemimpin selanjutnya adalah orang yang paling diinginkan oleh masyarakat. Ini adalah hasil dari kekuatan sihir luar biasa yang hanya diwarisi oleh raja, dari generasi ke generasi, yang akan aktif saat sang raja mati.

Kekacauan pun terjadi, di mana seluruh warga Euchornia berkompetisi untuk mengumpulkan dukungan sebelum waktu batas berakhir.

Sihir Pemilihan Umum

Ini adalah latar dari pengaktifan sihir pemilihan umum, yang merupakan titik balik pertama dari ceritanya. Setelah sihir ini aktif, wajah sang raja muncul di langit dan memeperlihatkan ranking popularitas dan wajah Forden dan Louis muncul dengan besar dan jelas. Dengan kata lain, di awal cerita, kalian berada di awal knflik antara dua pasukan besar: Santifex Forden, yang menjadi penerus kerajaan, dan Louis, pemberontak berkarisma di militer.

Di tengah kekacauan ini, sang tokoh utama memutuskan untuk pergi berpetualang menuju takhta demi menyelamatkan pangeran, teman terbaiknya sejak kecil, dan mengambil nyawa Louis.

Rekan Perjalanan

Gallica

Gallica adalah peri yang sudah bersama kalian sejak awal perjalanan, dan meruapkan rekan kalian yang akan memandu kalian. Peri adalah makhluk yang langka di dunia ini, dan walau ia tidak bisa ikut bertarung secara langsung, Gallicamemiliki peran penting yang membantu menyusun rencana dan juga memberi informasi lokal.

More

Dia adalah penjaga Akademeia, fasilitas untuk modifikasi Archetype. Ia bernama More dan merupakan pengarang dari salah satu berna penting dalam game, novel fantasi yang dibawa tokoh utama.

Dia dijebak dalam ruang misterius. More sangat ahli dalam berbagai ilmu dan menawarkan saran kepada kalian pada saat meneliti Archetype. Dia juga adalah pendukung dan pengikut yang berarti kalian bisa menjalin hubujngan dengannya. Sebagai orang yang sudah menjelajahi dunia sejak kecil, ia adalah pengikut yang menguasai garis keturunan Archetype “Seeker.”

Grius

Cerita dimulai dengan sang tokoh utama mendapatkan misi untuk mengirim pesan ke sekutu. Karena sangat dirahasiakan, hanya Gallica yang tahu isi pesannya, yaitu misi untuk membunuh Louis. Grius adalah sekutu yang menjadi tujuan kalian. Dia tidak hanya ahli dalam bela diri, tetapi juga jago sihir, bahkan sempat mencoba untuk menguasai Archetype.

Storhl

Demi mengantarkan surat ke Grius, yang sedang menyamar sebagai tentara di Tentara Kerajaan, sang tokoh utama awalnya mengajukan diri untuk menjadi tentara dalam pusat rekrutmen di Ibu Kota Kerajaan. Di sana ia bertemu Storhl, seorang pemuda dari keluarga bansgsawan. Bangsawan yang mendaftarkan diri ke dalam militer adalah hal langka, tetapi sepertinya ia memiliki dendam yang besar terhadap manusia karena kejadian masa lalu.

Mungkin karena ini, Strohl sangat pemberani dan siap bertarung sebagai bangsawan di hadapan warga kota, dan dia memiliki rasa keadilan yang tinggi, adil kepada semua orang. Anggota party dapat mengganti Archetype secara bebas yang telah didapatkan oleh sang tokoh utama, tetapi Archetype pertama yang bangkit dari dalam Strohl adalah Warrior.

Hulkenberg

Hulkenberg adalah perempuan berambut merah yang merupakan anggota Holy Order dan awalnya bertugas sebagai pengawal pangeran. Tetapi pada saat Louis menyerang pangeran, Hulkenberg gagal melaksanakan tugasnya untuk melindungi pangeran, dan akhirnya menjauih Ibu Kota Kerajaan selama beberapa waktu.

Di tengah perjalanannya mencari keberaaan pangeran tanpa petunjuk, ia mempelajari berita kematian raja dan kembali ke Ibu Kota Kerajaan, di mana ia bertemu dengan sang tokoh utama. Archetype pertama yang ia bangkitkan adalah Knight.

Heismay

Dengan penampilan yang khas, Heismay adalah karakter unik yang akan bergabung dengan party. Ia memiliki masa lalu yang perih dan berbeda dari Strohl dan Hulkenberg, dan demi mengalahkan masa lalunya, ia memutuskan untuk menghadapi kegelisahnnya dan membangkitkan Archetype. Archetype pertamanya adalah Thief.

Rekan Baru

Neuras

Untuk bisa berpetualang, tentunya kalian memerlukan kendaraan yaitu Gauntlet Runner yang dikendarai oleh Neuras. Ia awalnya adalah desainer Gauntlet Runner untuk keluarga raja. Dia adalah orang yang unik yaitu hanya tertarik dengan ilmu tentang Gauntlet Runner.

Walau ia tidak ikut bertarung di dungeon, Neuras adalah figur penting bagi sang tokoh utama, membangkitkan Archetype Gunner. Selain itu, menjalin hubungan dengannya mungkin akan mengubah Gauntlet Runner.

Junah

Junah adalah penyanyi dengan suara paling indah di kerjaan. Dia bahkan lebih terkenal daripada keluarga raja, walau dunia ini tidak memiliki media modern. Junah sebenarnya memiliki latar penting yang tidak terduga dan membangkitkan Archetype Masked Dancer.

Desain Junah dibuat oleh Shigenori Soejima, artis yang terkenal mendesain karakter seri Persona. Kostum Junah terlihat mewah, dan terinspirasi dari gerakan fashion Swinging London yang terjadi di kota tersebut pada tahun 1960an.

Suku-suku di Dunia

Karakter-karakter yang dikenalkan berasal dari suku-suku yang berbeda. Dunia ini terdiri dari 8 suku yang berbeda dan masing-masing memiliki karakteristik. Mereka adalah:

  • Clemar: menolak hal yang irasional.
  • Roussainte: Bangga akan kekuatannya.
  • Rhoag: Suku yang berumur panjang dan melihat nilai dalam mewariskan sesuatu.
  • Ishikia: Dikatakan sangat pintar.
  • Nidia: Suku yang sangat akrab.
  • Paripus: Suku yang suka dengan pesta meriah.
  • Eugief: Sangat menghargai harmoni.
  • Mustari: Suku yang tidak banyak bicara.
  • Elda: Suku sang tokoh utama dan sangat langka.

Suku-suku ini dibuat berdasarkan konsep yang unik dalam game ini. Motif yang digunakan adalah sifat dan karakteristik yang dimiliki orang-orang. Untuk membuat batas dalam setting dunia fantasi, suku dalam game ini dari nol, dan terinspirasi dari kepribadian dan nilai orang-orang. Ini adalah salah satu usaha Studio Zero untuk membuat ulang fantasi RPG.

Balapan Pemilihan Umum

Metaphor: ReFantazio juga menghadirkan berbagai fitur unik agar game-nya menjadi lebih seru, seperti sihir pemilihan umum, dan balapan luar biasa di seluruh kerajaan, yang dilaksanakan sebagai kontes popularitas. Dalam kerajaan yang dipimpin oleh keluarga raja, ini adalah acara yang dapat memutar balikan keadaan.

Walau kata “pemilihan umum” terlihat formal, Studio Zero sudah menambahkannya karena hal ini bisa memberikan perkembangan yang tidak terduga dalam cerita fantasi.

Jadwal Rilis

Metaphor: ReFantazio akan rilis pada tanggal 11 Oktober 2024 untuk Xbox Series X/S, PlayStation 5, PlayStation 4, dan PC. Studio Zero juga mengumumkan bahwa dalam presentasi berikutnya, mereka akan memperkenalkan kompetitor yang muncul dalam cerita game-nya. Mereka juga akan memperkenalkan pendukung yang akan membantu kalian dalam mengalahkan para saingan.

Leave A Comment