Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Steam Game Recording featured image

Praktis! Steam Siapkan Fitur Game Recording

Di era modern ini, berbagi video gameplay kalian adalah hal yang sering dilakukan. Apalagi bagi para konten kreator yang berfokus pada game. Kini Valve siap mempermudah merekam gameplay karena Steam kedatangan fitur Game Recording yang kini hadir dalam beta.

Sistem baru ini akan mempermudah kalian untuk merekam, melihat replay, membuat klip, dan juga membagikan klip yang dibuat.

Record

Untuk merekam, kalian bisa memilih mode Background Recording atau On Demand Recording. Perbedaan utama adalah Background Recording akan selalu merekam gameplay kalian, tetapi hanya menyimpan beberapa menit terakhir. Kurang lebih cara kerjanya mirip dengan Nvidia Shadowplay atau sistem merekam gameplay di Nintendo Switch.

Sedangkan On Demand Recording lebih serupa dengan merekam video seperti biasa. Kalian bisa memulai dan menghentikan rekaman dengan menekan hotkey.

Replay

Sistem replay ini sangat akan membantu kalian saat bermain. Dengan melihat rekaman, kalian bisa mengecek kembali apa kesalahan kalian ketika melawan boss atau juga mengingat kembali apa yang NPC katakan.

Sistem Replay ini bisa kalian akses dari Steam Overlay kapan saja untuk semua game. Jadinya, kalian bisa langsung mengecek kapan saja.

Steam Game Recording

Clip

Tentunya rekaman gameplay kalian bisa saja memiliki bagian yang tidak diperlukan atau bagian yang bersifat privat. Kalian tidak perlu khawatir untuk perlu aplikasi lain untuk mengedit videonya. Steam menyiapkan tools yang ringan sehingga tidak membebani komputer kalian.

Kalian akan bisa share dan edit video lokal melalui halaman Recording & Screenshots yang diperbaharui.

Share

Setelah mengklip video, kalian bisa langsung bagikan hanya dengan satu klik saja. Kalian bisa bagikan klip melalui chat ke teman atau juga bagikan ke seluruh dunia. Bahkan kalian juga bisa mengirim video dari Steam Deck ke PC atau smartphone dengan mudah.

Kalian bisa gunakan menu baru Save/Share yang tersedia pada saat bermain atau setelah bermain.

Timeline & Event Marker

Ketika kalian merekam, Steam Timeline akan muncul yang menandakan proses rekaman kalian. Untuk game yang mendukung sistem timeline, Steam akan otomatis memberi marker kepada titik-titik yang terjadi hal penting. Steam Achievement dan screenshot juga akan memberi marker tambahan di timeline. Kalian bahkan bisa memberi marker tambahan sendiri.

Steam Timeline

Kecanggihannya tidak sampai situs aja, timeline juga bisa menandakan kalian sedang berada di menu, lobi, atau sedang bermain. Hal ini akan sangat memudahkan kalian ketika membuat klip.   

Steam mengatakan bahwa Game Recording ini bisa diguankan untuk semua game. Bahkan untuk game yang tidak ada di Steam pun. Selama kalian sudah mengizinkan game-nya untuk menggunakan Steam Overlay, kalian akan bisa merekam kapan saja.

Untuk informasi lebih lengkap, kalian bisa cek langsung pengumumannya di halaman berikut.

Leave A Comment