Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Wuthering Waves: Petualangan Penuh Aksi

Setelah penantian yang cukup lama, Wuthering Waves buatan Kuro Games akhirnya rilis. Game ini cukup dinantikan oleh banyak orang karena dikatakan sebagai “Genshin Killer”.  

Buat yang belum tahu, akhir-akhir ini ada beberapa game yang mendapatkan julukan ini, contohnya adalah Tower of Fantasy. Julukan Genshin Killer diberikan kepada game-game yang memiliki gameplay yang sedikit menyerupai Genshin Impact, yaitu game mobile yang dunianya open-world dan gameplay action RPG, dan diharapkan bisa mengalahkan Genshin Impact yang sangat populer dan dimainkan banyak orang.

Wuthering Waves sendiri memiliki gameplay action RPG dengan dunia yang open-world. Apakah game ini bisa menyaingin Genshin Impact?

Dunia yang Hancur

Wuthering Waves mengambil setting di dunia yang bernama Solaris-3 (disingkat Sol-III), planet ketiga dari matahari. Dunia sudah sebelumnya sudah ada peradaban, tetapi jadi hancur karena bencana yang bernama Lament.

Bencana Lament ini hampir menghapus seluruh umat manusia dan membuat munculnya monster bernama Tacet Discord. Umat manusia yang tersisa pun kini harus membuat peradaban baru dan mencoba bertahan hidup.

Resonator, Manusia dengan Kemampuan Unik

Dalam Wuthering Waves, terdapat manusia dengan kemampuan spesial bernama Resonator. Sesuai dengan namanya, Resonator adalah orang-orang yang bisa beresonansi dengan obyek-obyek tertentu dan juga memanipulasi frekuensi mereka untuk mengeluarkan kemampuan spesial.

Resonator adalah karakter-karakter yang bisa kalian mainkan. Dalam game ini, kalian akan menjadi Rover, seorang Resonator yang hilang ingatan. Sambil berusaha untuk mencari tahu jati diri, kalian akan menjelajahi dunia post-apocalyptic ini.  

Berpetualang dengan Bebas

Serupa dengan game open-world pada umumnya, kalian bisa menjelajahi dunia Wuthering Waves dengan bebas. Saat ini, baru ada satu wilayah saja yang bisa kalian jelajahi yaitu Huanglong dengan ibu kota bernama Jinzhou.

Tentunya kalian bisa menjelajahi wilayah tersebut dengan bebas. Kalian akan bisa memanjat tebing dengan bebas, bahkan kalian bisa berlari di tebing untuk memanjat lebih bebas. Bahkan kalian juga bisa menggunakan grapple untuk menarik diri ke atas. Kalian juga memiliki glider yang sangat berguna ketika kalian lompat dari tempat tinggi.

Ketika kalian berpetualang, kalian bisa menemukan berbagai macam hal, mulai dari berbagai materi yang bisa digunakan untuk masak atau upgrade senjata, berbagai challenge yang unik seperti merubah diri kalian menjadi monster atau platformer seperti Mario, dan masih banyak lainnya. Kemana pun kalian pergi, kalian pasti akan menemukan hal unik.

Pertarungan yang Seru

Kalau kalian pernah bermain Punising: Gray Raven, game Kuro Games sebelumnya, pastinya kalian sudah tidak ragu lagi dengan sistem pertarungan buatan Kuro Games.

Serangan standar dibagi menjadi dua macam yaitu basic attack dan heavy attack. Kalian bisa melakukan heavy attack dengan menahan tombol serangan. Selain itu, ada juga serangan Resonance Skill yang merupakan jurus skill dan juga Resonance Liberation yang merupakan jurus ultimate.

Untuk menghindari serangan musuh, kalian bisa melakukan dodge dan juga counterattack. Kalau kalian bisa dodge dengan waktu yang tepat, gerakan musuh akan jadi menjadi lebih pelan untuk beberapa saat. Sedangkan counterattack hanya bisa dilakukan pada saat tertentu, tetapi bisa menghentikan serangan musuh.

Ada hal yang harus kalian cukup perhatikan,yaitu soal counterattack. Untuk mengaktifkan counterattack, tombol yang digunakan adalah tombol yang sama dengan serangan biasa. Hal ini membuat kalian harus berhati-hati agar tidak melakukan serangan membabi buta tanpa pikir. Kalian harus terus memperhatikan kapan momen counterattack akan muncul agar bisa melakukannya dengan tepat.

Wuthering Waves juga menghadirkan sistem unik berupa Outro dan Intro Skill. Skill ini akan aktif ketika kalian mengganti karakter yang dikendalikan. Untuk bisa mengaktifkannya kalian harus menunggu Concentro Energy penuh terlebih dahulu.

Keunikan lainnya lagi adalah sistem Echo. Ketika kalian mengalahkan musuh, kadang mereka akan meninggalkan bayangan. Bayangan ini bisa diserap dan monster tersebut akan jadi milik kalian. Kalian bisa memasang beberapa monster sekaligus ke masing-masing karakter. Monster yang ada di slot 1 itu spesial karena kalian bisa berubah jadi monster tersebut untuk menggunakan serangannya.

Kesimpulan

Wuthering Waves cukup menjanjikan untuk kalian coba. Walau versi 1.0 ini masih cukup minim, gameplay yang dihadirkan cukup menjanjikan. Konten yang tersedia pun cukup bervariasi, sehingga kalian tidak akan bosan saat menjelajahi dunianya.

Yang sedikit disayangkan adalah kondisi game ini saat rilis. Ternyata ada cukup banyak masalah teknis yang hadir dalam Wuthering Waves. Untungnya, Kuro Games sadar akan hal ini dan terus memperbaiki game-nya. Hampir setiap hari selalu ada update baru yang hadir untuk memperbaiki masalah-masalah yang muncul.

Sebagai Genshin Killer, mungkin Wuthering Waves belum bisa mencapai status itu, apalagi Genshin Impact sendiri sudah rilis cukup lama dan memiliki banyak konten dan peningkatan yang sudah dihadirkan. Dengan kondisi Wuthering Waves yang masih penuh bug, susah bagi game tersebut untuk mengalahkan Genshin Impact.

Wuthering Waves bisa kalian mainkan di perangkat Android dan iOS, serta PC.

Leave A Comment