Roblox Adalah: Panduan Lengkap Cara Bermain Hingga Membuat Game

Alula Alula

Roblox adalah permainan virtual yang dikembangkan ROBLOX Corporation. Meskipun pertama kali dirilis pada tahun 2006, popularitas Roblox baru meningkat pesat pada tahun 2010. Salah satu penyebab meningkatnya popularitas Roblox adalah pembaruan pada platform dan semakin luasnya akses melalui perangkat seluler dan konsol game.

Roblox umumnya dikenal sebagai permainan yang cukup populer di kalangan anak-anak. Namun sebenarnya platform ini dirancang untuk menjangkau semua usia. 

Apa itu Roblox?

Roblox adalah platform yang membawa pengguna ke dalam dunia virtual yang mengasyikkan. Di dalam platform ini, pemain dapat menikmati berbagai macam permainan yang tersedia, mulai dari permainan peran, ritme, puzzle, petualangan dan action, simulasi, hingga tembak-menembak. Selain itu, Roblox juga dilengkapi dengan fitur media sosial yang memungkinkan pemain untuk berinteraksi dengan teman-teman, berkomunikasi dengan pengembang game, dan bahkan bergabung dalam membuat game bersama pemain lainnya.

Apakah Roblox gratis?

Roblox adalah permainan yang dapat di unduh secara gratis. Kamu dapat melakukan registrasi akun setelah mengunduh permainan. Selain itu kamu juga dapat memilih opsi “Builders Club” pada akun.Builders Club adalah langganan bulanan Roblox yang memberikan banyak manfaat pada akun pemain. 

Keuntungan melakukan langganan Roblox Builders Club adalah pemain akan mendapatkan Robux setiap bulan. Robux merupakan mata uang dalam game yang bisa digunakan untuk membeli dan menjual produk yang telah buat. Selain itu, Robux juga dapat digunakan untuk membeli barang-barang keren untuk menyesuaikan avatar.

Cara Download ROBLOX

Dahulunya Roblox dapat dimainkan langsung di situs web yang dimiliki, namun sekarang tidak lagi karena permainan pada platform ini semakin variatif. Untuk mengunduh Roblox di PC, pastikan hanya mengunduhnya dari situs resmi Roblox agar aman. Kemudian, buatlah akun Roblox dengan memasukkan tanggal lahir, nama pengguna, dan kata sandi. Jika kamu berusia dibawah 13 tahun, mintalah izin dari orang tua atau wali.

Setelah membuat akun, kamu akan dibawa ke halaman utama yang menampilkan avatar, nama pengguna, dan berbagai permainan yang direkomendasikan. Klik game yang menarik untuk mulai Download Roblox. Di halaman game, klik tombol hijau untuk mengunduh dan menginstal permainan. Setelah file RobloxPlayerLauncher.exe diunduh, jalankan file tersebut untuk menginstal.

Sedangkan untuk pengguna iOS atau Android, kamu cukup unduh per,permainan melalui App Store atau Google Play Store. Untuk pengguna Xbox One/Series X atau Series S, kamu dapat mengunduhnya melalui Xbox Store dengan mencari Roblox.

Cara Memperbarui ROBLOX

Untuk melakukan pembaruan Roblox sangatlah mudah. Jika pada perangkat iOS atau Android biasanya pembaruan otomatis diaktifkan secara default. Hal yang sama berlaku untuk konsol Xbox One dan Series X/S. Terdapat halaman khusus untuk Pembaruan Game di bagian ‘Game & Aplikasi’. 

Sedangkan untuk PC, pembaruan dilakukan melalui browser resmi milik Roblox. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang baik, dan Launcher akan memperbarui secara otomatis.

Cara Bermain Roblox

Pada iOS, Android, dan Xbox, untuk memainkan permainan Roblox sangat mudah. Kamu cukup membuka game di perangkat yang kamu miliki. Kemudian kamu akan langsung disuguhkan oleh berbagai pilihan game yang bisa dimainkan. Proses ini hampir sama untuk pengguna PC. Dengan menggunakan browser, kunjungi halaman utama Roblox dan temukan game yang kamu sukai menggunakan kotak pencarian di bagian atas halaman. Selain itu, kamu juga dapat memilih salah satu permaina  yang direkomendasikan. Setelah menemukan game yang Anda inginkan, klik dan mainkan, maka Roblox akan mulai berjalan di PC-mu.

Cara Membuat Permainan Di Roblox

Dengan Roblox Studio, Anda dapat membuat game sendiri dengan kreativitas Anda sendiri. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mulai membuat game di Roblox:

  1. Membuka Fitur ‘Roblox Studio’

Masuklah ke akun Roblox kamu miliki dan buka aplikasi Roblox Studio di laptop. Kemudian kamu akan melihat opsi “Create” di halaman utama. Klik opsi tersebut untuk membuka Roblox Studio.

  1. Membuat Tempat Baru

Setelah Roblox Studio terbuka, kamu dapat membuat tempat baru sebagai dasar game dengan mengklik opsi “New Place“.

  1. Mendesain dan Menambahkan Fitur Game

Saat ini kamu sudah memiliki tempat baru untuk memulai game. Langkah berikutnya adalah mendesain lingkungan game dan menambahkan fitur-fitur yang ingin kamu sertakan. Roblox Studio menyediakan berbagai alat dan fitur yang memungkinkanmu untuk membuat lingkungan game yang unik, menambahkan objek, mengatur tata letak, dan masih banyak lagi. Cobalah untuk menjelajahi dan biarkan kreativitasmu mengalir untuk menciptakan game yang menarik dan menghibur.

  1. Menyimpan dan Memublikasikan Game

Setelah selesai mendesain game, pastikan untuk menyimpan pekerjaan yang telah kamu lakukan dengan klik opsi “Save”. Ketika kamu sudah yakin bahwa game telah siap untuk dipublikasikan, klik opsi “Publish” untuk membuat game agar tersedia pada komunitas Roblox. Begitu dipublikasikan, game yang kamu buat akan dapat dinikmati oleh pemain lain di Roblox.

Dengan Roblox Studio, seluruh pemain memiliki kesempatan untuk menjelajahi dunia pengembangan game dan meluapkan kreativitas dengan membuat game sesuai dengan imajinasi yang dimiliki. Sudahkah kamu tertarik untuk membuat game sendiri di Roblox?

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *