Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Banished: Bangun Desa Baru Setelah Diusir

Salah satu kejadian yang pernah terjadi di Zaman Kegelapan adalah seseorang bisa diusir dari sebuah desa atau kota karena suatu kejadian. Ketika seseorang itu diusir, tentunya mereka harus coba bertahan hidup di tempat baru.

Banished adalah game city building yang sedikit unik karena mengambil tema tersebut. Dalam game untuk PC ini, kalian harus membangun desa untuk sekelompok orang yang baru saja diusir. Apakah kalian akan bisa berhasil menjaga sekelompok orang ini?

Sistem membangun yang simpel

Banished menghadirkan sistem pembangunan yang sangat sederhana. Semua bangunan bisa kalian bangun dari awal, asal sumber daya yang kalian miliki cukup. Sumber daya sendiri dibagi menjadi tiga macam: kayu, batu, dan besi. Ada juga sumber daya lain, tetapi lebih dipakai untuk keberlanjutan hidup seperti batu bara untuk kehangatan di musim dingin.

Banished

Ada banyak bangunan yang bisa kalian bangun seperti rumah, bangunan pemburu, apoteker, bangunan pandai besi, dan bahkan ada juga sekolah dan gereja. Khusus untuk rumah, bangunannya bisa ditingkatkan dari bahan kayu menjadi bahan batu. Hal ini akan sangat membantu ketika musim dingin tiba.

Jaga stok makanan

Banished bisa dibilang sebagai game yang semi survival karena kalian harus memastikan stok makanan itu cukup. Untuk bahan makanan sendiri, ada 2 cara utama yang bisa kalian manfaatkan: mengambil dari alam atau bercocok tanam.

Di awal game, tentunya kalian akan berfokus pada mengambil dari alam. Kalian bisa berburu rusa, memancing ikan, atau mencari buah beri. Untuk makanan tipe ini kalian tidak perlu memikirkan musim dan bisa diambil terus.

Banished

Sedangkan tipe makanan kedua adalah bercocok tanam yang dibagi menjadi tumbuhan dan ternak. Untuk keduanya, kalian akan memerlukan “bibit” awal. Kalau kalian bermain tingkat difficulty normal, bibit bisa didapatkan dari trader. Sedangkan kalau main pada tingkat easy, kalian akan diberikan bibit tumbuhan dan juga salah satu binatang ternak.

Untuk bercocok tanam dengan tumbuhan, kalian harus waspada dengan musim. Kebun akan dipanen pada musim gugur dan apabila ada tumbuhan yang masih belum dipanen ketika masuk musim dingin, tumbuhannya akan hilang.

Sedangkan untuk hewan ternak, kalian minimal harus punya dua untuk bisa berkembang biak. Baik untuk tumbuhan dan hewan, ada banyak variasi yang bisa kalian koleksi seperti ayam, kambing, sapi, pohon apel, kentang, dan masih banyak lainnya. Seperti yang ditulis di atas, kalian bisa melengkapi variannya dari trader yang akan datang ke kota kalian sesekali.

Dibuat oleh 1 orang

Banished

Hal yang paling mengejutkan dari Banished adalah game ini ternyata hanya dibuat oleh satu orang saja. Sebagai game city building, Banished menawarkan konten yang cukup komplit. Namun sayangnya mungkin karena game ini hanya dibuat sendirian saja, game-nya tidak “sedalam” game-game city builder lainnya.

Meski begitu, hal tersebut bisa dibilang malah menjadi kelebihan dari Banished. Game ini cocok untuk dimainkan dalam waktu singkat saja, misalnya dalam waktu 3-4 jam saja. Hal ini bertolak dengan rata-rata game city builder yang biasanya dimainkan seharian.

Kalau kalian sudah cocok bermain Banished tetapi masih merasa kurang puas, kalian tidak perlu khawatir. Fans game ini ternyata cukup banyak dan banyak di antara mereka yang membuat mod untuk Banished. Mod-nya pun bervariasi, bahkan hingga ada yang benar-benar merubah game-nya menjadi sangat kompleks.

Kesimpulan

Banished memang game yang sudah cukup lama rilisnya, yaitu pada tahun 2014. Walau begitu, game ini masih tetap asyik untuk kalian mainkan. Kalian bisa langsung main tanpa basa-basi dan dalam waktu sekejap sudah bisa membuat desa yang besar. Game-nya juga cukup ringan, jadi kalian yang punya komputer pas-pasan bisa bermain Banished tanpa masalah.

Leave A Comment