Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Game Dev Story featured

Game Dev Story: Bangun Studio Game Terbaik

Kalau kalian sudah lama bermain game mobile, pasti studio game yang bernama Kairosoft sudah tidak asing lagi. Mereka sudah mengeluarkan berbagai macam game manajemen yang sederhana, tetapi selalu bikin ketagihan.

Game yang membuat mereka terkenal adalah Game Dev Story, salah satu game pertama mereka yang mendapatkan versi Inggris. Sesuai dengan namanya, dalam game ini kalian akan menjadi pemimpin studio game yang akan terus-menerus merilis game agar bisa menjadi studio game yang sukses.

Gameplay yang sederhana

Game Dev Story menawarkan gameplay yang sederhana, mulai dari cara merekrut staff, membuat game, hingga merilis game konsol. Semuanya bisa kalian lakukan dari menu.

Game Dev Story screenshot

Ketika kalian memilih untuk mulai mengerjakan game, pertama-tama kalian harus mentukan akan rilis untuk platform apa, lalu pilih genre game dan juga tipe game-nya. Kalian juga bisa memilih untuk memberi budget tambahan untuk meningkatkan kualitas game-nya.

Setelah itu kalian akan menentukan staf yang mengerjakan game-nya. Staf ini akan menentukan kualitas game kalian. Kalian juga bisa memilih untuk outsource staf dari luar, tetapi tentunya ada biaya tambahan.

Game Dev Story screenshot

Ketika pengerjaan game-nya selesai, proses debug dimulai untuk menghapus bug yang ada di dalam game yang kalian buat. Kalian juga bisa memilih untuk merilis game dengan penuh bug, tetapi tentunya ini adalah hal bodoh karena kualitas game kalian akan menjadi rendah dan tidak akan mendapatkan Research Point yang berguna untuk memperkuat studio kalian.

Perkuat studio

Sebagai studio game, tentunya kalian memperkuat studio kalian agar bisa merilis game yang lebih baik. Ada beberapa cara untuk memperkuat studio kalian, mulai dari merekrut staf baru hingga memasang iklan untuk meningkatkan jumlah fans.

Game Dev Story screenshot

Jika studio kalian kursinya masih belum penuh, tentunya kalian bisa merekrut staf baru. Cara rekrutnya pun ada beberapa: semakin banyak uang yang kalian keluarkan untuk proses rekrutmen, maka kemungkinan kalian mendapatkan staf dengan kemampuan tinggi lebih besar.

Staf yang bisa kalian pun variasinnya ada banyak, ada yang spesialis gambar, ada yang spesialis coding, dan masih banyak lainnya. Bahkan kalian bisa merekrut Hardware Engineer untuk bisa merilis konsol game.

Game Dev Story screenshot

Kalian juga bisa memperkuat staf yang sudah ada di studio kalian dengan cara dilatih atau dinaikkan levelnya. Jika kalian melatih staf, kalian akan menggunakan Research Point untuk meningkatkan status staf. Sedangkan jika menaikkan level staf, kalian bisa meningkatkan keseluruhan status staf, tetapi gajinya juga akan naik.

Kumpulkan uang

Tentunya sebagai sebuah bisnis, tugas utama kalian adalah mengumpulkan uang sebanyak mungkin. Dengan uang yang banyak, kalian akan bisa melakukan lebih banyak hal. Kalian bisa membeli lisensi agar bisa mengerjakan game untuk konsol baru, kalian bisa merekrut staf yang lebih baik dan memasang iklan yang lebih mahal.

Game Dev Story screenshot

Jadi uang yang banyak tidak akan merugikan kalian. Jadi jangan ragu untuk menggunakan uang agar bisa mendapatkan uang yang lebih banyak lagi.

Kesimpulan

Game Dev Story adalah game mobile klasik yang kini sudah di-port ke mana-mana, mulai dari Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One, Xbox Series X/S, dan juga PC. Jadi bisa dibilang game ini sudah terbukti memang seru untuk dimainkan.

Salah satu keseruan dari game ini adalah ketika menentukan kombinasi genre dan tipe game-nya. Kalian bisa membuat kombinasi unik sesuka hati kalian. Jadi kalian bisa membuat kombinasi game yang aneh dan ajaib yang membuat kalian tertawa.

Walau game-nya sederhana, Game Dev Story dijamin akan menghabiskan waktu kalian tanpa sadar.

Leave A Comment