Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Calon Pesaing The Sims, Life by You Dibatalkan

Siapa sih yang tidak kenal dengan The Sims? Game simulasi kehidupan ini dicintai banyak orang karena kalian bisa membuat simulasi kehidupan sesuka hati sehingga menghadirkan berbagai skenario yang menarik.

Walau seri ini sudah cukup lama, munculnya game yang serupa baru muncul akhir-akhir ini. Beberapa di antaranya adalah Life by You, Paralives, dan InZOI. Kini muncul berita buruk untuk salah satu game tersebut.

Life by You yang diterbitkan oleh Paradox Interactive dan dikembangkan oleh Paradox Tectonic telah dibatalkan. Game ini awalnya akan rilis terlebih dahulu melalui Early Access tetapi telah diundur berkali-kali. Life by You tadinya akan rilis untuk PC melalui Steam dan Epic Game Store.

Berikut adalah pernyataan dari Mattias Lilja selaku Deputy CEO dari Paradox Interactive:

Halo semuanya,

Dengan berat hati kami telah memutuskan untuk membatalkan rilisnya game simulasi kehidupan kami yang telah lama dinantikan Life by You. Ini adalah keputusan yang sangat berat untuk diambil dan kesalahan jelas dari pihak Paradox dalam memenuhi ekspektasi kami dan komunitas. Kami menyadari bahwa ini menimbulkan pertanyaan-pertanyaan besar; melalui peryataan ini kami harap bisa menjelaskan kenapa kami memilih membatalkan, bukannya memundurkan jadwal rilis seperti rencana sebelumnya.

Life by You sudah lama dikerjakan dan kami benar-benar antusias akan janji dan potensi dari game ini. Harapan kami tidak pernah berubah yaitu bisa menorehkan jejak dalam genre baru yang seru ini bagi kami. Karena itu kami memutuskan untuk mengundurkan jadwal rilis dua kali, untuk memberi waktu kepada studio dan game agar bisa mencapai potensi sepenuhnya. Untuk setiap pengunduran yang kami lakukan, kami melihat peningkatan yang sedikit-sedikit, yang kalau diperhatikan dengan seksama itu malah membuat kami berfokus pada hal-hal mendetail, bukannya gambaran secara keseluruhan.

Beberapa minggu lalu, kami memutuskan untuk mengundurkan rilis Early Access demi mengevaluasi ulang Life by You, karena kami merasa game-nya masih memiliki kekurangan di bagian-bagian penting. Penambahan waktu pengerjaan bisa menjadi pilihan, tetapi setelah kami mengundur jadwal rilis demi melihat game secara keseluruhan, jadi terhilat jelas bahwa jalan menuju rilis yang bisa kami percaya diri itu masih jauh dan tidak meyakinkan. Ini bukan berarti saya mengatakan bahwa game-nya tidak memperlihatkan kualitas yang menjanjikan; Life by You memiliki berbagai keunggulan dan juga kerja keras dari dedikasi tim untuk mewujudkannya. Namun, ketika kami mencapai titik dimana kami percaya bahwa waktu tambahan tidak bisa membawa kami menuju versi yang sesuai ekspektasi kami, saat itu kami percaya bahwa lebih baik berhenti. Ini tentunya hal yang sulit dan mengecewakan bagi semua orang yang telah menuangkan waktu dan antusiasme ke dalam proyek ini, terutama ketika keputusan ini baru diambil setelah pengerjaan telah jauh.

Pada akhirnya, tugas kami adalah merilis game-game yang seru, menarik, dan menantang bagi para pemain kami, dan setiap keputusan kami harus diambil dengan tujuan tersebut di dalam pikiran. Ketika kami berhasil mencapainya, kami berhak mendapatkan bayaran kami. Jadi, bagaimana kami memastikan agar tidak bisa berada di posisi ini lagi? Sejujurnya, tidak ada jaminan. Game itu sulit untuk bisa dibuat dengan benar, dan kami telah melakukan berbagai kesalahan, yang kalau melihat kondisi ini, benar-benar terlihat jelas kalau dilihat secara keseluruhan, tetapi tidak boleh mencapai kondisi parah seperti ini. Pada akhirnya, misi kami tetap sama, dan kami akan terus mengambil langkah apa saja demi mencapainya.

Dengan tulus hati,

Mattias Lilja, Deputy CEO di Paradox Interactive

Tentunya pengumuman ini sangat mengecewakan bagi semua orang. Apalagi bagi yang sudah menantikan Life by You sejak pengumuman pertamanya.

Di sisi lain, masih ada harapan untuk pesaing The Sims. Masih ada Paralives yang merupakan game indie buatan Paralives Studio. Keunikan dari Paralives adalah sistem Together Cards. Kalian bisa mengisi Together Bar dengan cara mengobrol dengan warga kota. Ketika penuh, kalian bisa mengaktifkan Together Cards untuk memilih aksi yang bisa memengaruhi relasi dengan warga kota.

Paralives akan rilis untuk PC. Game ini dijadwalkan akan masuk Early Access pada tahun 2025.

Sedangkan game berikutnya adalah InZOI. Game ini dibuat oleh Krafton, penerbit game asal Korea Selatan yang terkenal dengan PUBG Mobile dan The Callisto Protocol. InZOI ini terlihat sangat ambisius karena menghadirkan grafis yang ultrarealistis, sistem penjelajahan kota yang bebas, mengatur warna lampu, hingga sistem AI untuk membuat tekstur untuk baju, bed cover, dan lukisan sesuai keinginan kalian.

InZOI saat ini dijadwalkan untuk rilis di akhir 2024 untuk PC. InZOI juga memiliki server Discord dimana mereka mengumpulkan masukan dari kalian semua. Kalian bisa bergabung melalui link berikut.

Leave A Comment