Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Cursed to Golf - Featured

Cursed to Golf: Bermain Golf Demi Hidup Kembali

Apa jadinya kalau genre olahraga golf disatukan dengan game Slay the Spire? Kalian bisa menemukan jawabannya dalam game indie Cursed to Golf! Dalam game buatan Chuhai Labs dan dirilis oleh Thunderful Publishing in,i kalian akan bermain golf yang cukup unik karena menghadirkan elemen roguelike yang membuat stage selalu berubah setiap kali memulai ronde permainan baru.

Dalam Cursed to Golf, kalian akan menjadi atlet golf yang sangat jago. Tetapi di tengah suatu pertandingan, kalian tiba-tiba kena petir. Ketika sadar, kalian sudah berada di alam baka yang terlihat aneh karena terlihat seperti lapangan golf.

Dikutuk untuk Main Golf

Ternyata kalian telah dikutuk oleh seseorang untuk bermain golf. Kalian bisa bebas dari kutukan ini dan hidup kembali dengan menyelesaikan 18 hole. Namun kalian tidak bisa menyelesaikan permainan ini dengan mudah.

pukul bola golf

Cursed to Golf adalah game roguelike. Ini berarti level yang kalian mainkan akan berubah terus di setiap ronde. Ronde akan selesai ketika kalian gagal menyelesaikan level atau berhasil tamat.

Ketika kalian memulai ronde, level akan dibentuk dengan acak. Total ada 18 level yang harus kalian selesaikan untuk bisa hidup kembali.

Side-Scrolling Golf

Bermain golf di Cursed to Golf cukup unik karena sudut pandang yang digunakan adalah side-scrolling seperti Mega Man atau Super Mario Bros. Tidak hanya itu, cara bergerak kalian pun tidak biasa. Cara kalian bergerak adalah dengan memukul bola golf.

Cara memukul golf cukup mudah. Kalian hanya cukup menentukan kekuatan pukul dan sudut pukulan. Tetapi keduanya ini tidak bisa kalian atur seenaknya. Bar untuk kekuatan memukul dan menentukan sudut pukulan akan bergerak dengan otomatis. Jadi kalian harus menentukan timing yang tepat untuk bisa memukul sesuai keinginan kalian.

jebakan

Kalian juga diberi stik golf untuk mengatur pukulan kalian. Untungnya, stik golf di game ini sudah disederhanakan. Stik golf dibagi menjadi tiga macam: Driver untuk pukulan jarak jauh, Iron untuk pukulan jarak menengah, dan Wedge untuk pukulan yang melambung.

Level yang dihadirkan tidak mulus rata seperti lapangan golf pada umumnya. Level di Cursed to Golf lebih mirip dengan game game platforming pada umumnya. Tidak hanya itu, rute menuju lubang golf pun ada banyak serta ada jebakan yang menanti kalian. Jadi kalian harus memilih rute terpendek karena jumlah pukulan kalian terbatas.

Jebakan yang hadir pun cukup bervariasi jadi akan memberikan tantangan yang berbeda-beda. Ada jebakan normal seperti yang ada di golf nyata yaitu rumput tinggi, pasir, dan air. Tetapi ada juga jebakan yang berbahaya seperti duri dan kotak TNT. Selain itu, terdapat juga barang yang dapat membantu kalian seperti teleporter yang memindahkan bola ke tempat strategis atau bumper yang dapat memantulkan bola.

Jumlah pukulan kalian hanya diberi 5 di setiap hole. Jadi, sebelum memukul bola golf, ada baiknya kalian mengecek level secara keseluruhan untuk mencari rute yang tepat. Kalian tidak perlu khawatir akan kehabisan pukulan ketika menghadapi level yang luas. Di level akan tersebar patung yang bisa kalian hancurkan. Patung ini akan memberi pukulan tambahan untuk kalian.

Ace Card & Pin untuk Bantuan

Cursed to Golf menghadirkan gameplay yang cukup sulit. Jumlah pukulan yang terbatas dan juga berbagai jebakan ini pastinya akan membuat kalian kewalahan. Namun kalian tidak perlu khawatir karena game ini dilengkapi dengan item yang dapat membantu kalian.

toko

Item pertama adalah Ace Card. Ini adalah kartu yang bisa kalian aktifkan untuk memberi efek yang menguntungkan kalian. Beberapa contoh Ace Card adalah kartu yang bisa menambahkan jumlah pukulan, kartu yang dapat mengubah bola menjadi bola es yang membekukan air, mengubah bola menjadi bor yang bisa menembus tanah untuk menjadi jalan singkat, dan masih banyak lainnya.

Sedangkan item kedua adalah Pin. Pin ini serupa dengan Ace Card yaitu akan memberi efek yang menguntungkan kalian. Efek ini akan selalu tersedia dan Pin memiliki efek yang jauh lebih unik dari Ace Card. Kalian akan memilih satu dari tiga pilihan Pin ketika memulai ronde.

Contohnya ada pin yang dapat otomatis menghancurkan semua patung ketika memulai level, pin yang dapat membuat kalian bisa mengatur sudut pukul sesuka hati, hingga ada pin yang akan membuat pukulan pertama kalian selalu memiliki efek. Sayangnya, kalian hanya bisa membawa maksimal 3 pin saja.

Pilih Rute

Dalam Cursed to Golf, kalian bisa memilih rute yang ingin kalian ambil. Pemilih rute ini cukup mirip dengan rute di Slay the Spire. Setiap kalian menyelesaikan level, kalian bisa bergerak ke level berikut dengan menggunakan golf cart. Di rute golf cart, kalian juga bisa menemukan harta karun yang berisikan uang atau Ace Card. Uang ini bisa kalian gunakan di toko yang juga tersedia di rute.

rute

Di toko, kalian bisa membeli Ace Card atau Pin tambahan. Untuk Ace Card, kalian bisa membeli paket kartu yang isinya acak dan dibagi dalam beberapa tingkatan harga. Kalian juga bisa membeli kartu yang sudah terungkap, tetapi jumlahnya hanya ada 2 saja. Sedangkan untuk Pin, kalian diberi tiga pilihan saja. Kalian juga bisa melakukan reroll kalau tidak ada pin yang kalian sukai. Di toko ini, kalian juga bisa menyimpan Ace Card yang ingin kalian untuk ronde berikutnya dan juga mengganti warna karakter.

Rute yang berpisah ini biasanya memberikan pilihan antara rute yang lebih mudah dengan satu level saja, atau rute yang lebih sulit dengan hadirnya Cursed Level tetapi dengan hadiah lebih banyak. Di Cursed Level, akan ada kutukan yang aktif setelah beberapa pukulan. Kutukan ini akan memberi kesulitan bagi kalian seperti membuat tampilan stage terbalik, hanya bisa memukul ke kanan atau ke kiri dan masih banyak lainnya. Tetapi kalau kalian berhasil menyelesaikan Cursed Level, kalian akan mendapatkan Ace Card.

kutukan

Di akhir rute, kalian akan bertemu dengan boss. Boss ini menawarkan tantangan yang sulit karena kalian harus bisa memasukan bola ke lubang lebih dulu daripada sang boss. Tetapi masing-masing boss memiliki kemampuan unik yang akan membuat kalian kewalahan. Setelah mengelahkan boss, kalian akan mendapatkan kemampuan permanen dan juga membuka lingkungan baru untuk level berikutnya.

Kesimpulan

Cursed to Golf adalah game indie yang cukup unik karena membuat kalian menjelajahi level roguelike dengan pukulan bola golf. Kalian bisa menamatkan game ini dengan cukup cepat, dalam waktu sekitar 2 jam saja.

Tapi karena Cursed to Golf adalah game roguelike, kalian bisa memainkan game ini berkali-kali karena level selalu berubah setiap kali kalian bermain.

Cursed to Golf bisa kalian mainkan di PlayStation 5, Xbox Series X/S, Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One, dan PC.

Leave A Comment