Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Frostpunk - Featured

Frostpunk: Bangun Kota di Tengah Badai Salju

Dengan berkembangnya game indie, kini kalian bisa menikmati berbagai game dengan gameplay yang unik, seperti menggabungkan 2 genre yang berbeda ke dalam satu game atau mengubah setting suatu genre menjadi lebih kelam.

Salah satu game dengan setting yang kelam adalah Frostpunk. Game buatan 11 bit studios ini mengambil setting di dunia alternatif pada abad 19 di mana terjadi musim dingin volkanik yang menyebabkan seluruh permbukaan bumi jadi beku. Tugas kalian adalah membangun kota di tengah kondisi ini yang tentunya menyebabkan sumber daya juga menjadi sangat terbatas

Bangun kota yang melingkar

Frostpunk ini cukup berbeda dengan city builder lainnya karena layout kota yang terbatas. Karena permukaan yang membeku, kota kalian memerlukan kehangatan. Karena itu, layout kotanya berupa lingkaran karena di bagian tengah terdapat pemanas yang sangat diperlukan.

Desain lingkaran ini akan membuat semua bangunan awal akan dibangun dekat dengan sumber panas. Apabila bangunan jauh dari sumber panas, maka bangunan tersebut akan menjadi dingin dan orang yang ada di dalamnya bisa sakit, bahkan bisa hingga mati.

Frostpunk - City

Bertahan hidup

Berkat pembekuan ini, Frostpunk bisa dibilang sebagai game survival city builder. Membangun kota dalam game ini bukanlah untuk mengumpulkan uang, tetapi untuk bisa bertahan hidup dan selamat.

Kondisi beku ini juga tidak mudah untuk dihadapi. Di malam hari, kondisi akan menjadi lebih dingin dan warga kota juga tidur. Jadi kalau bahan bakar kalian habis, warga akan bisa langsung sakit dan kalian tidak bisa mengisi ulang bahan bakar.

Frostpunk - Heat

Tidak hanya itu, setiap beberapa waktu, suhu akan turun drastis sehingga kalian harus menggunakan suhu yang lebih tinggi tetapi jadi lebih banyak menggunakan bahan bakar. Bahkan suhu akan terus turun secara permainan berlangsung.

Hal ini tersebut akan menguji kemampuan kalian karena kota yang semakin besar berarti kalian memerlukan sumber daya yang banyak. Tetapi karena suhu yang semakin dingin, jumlah bahan bakar yang kalian gunakan juga akan meningkat berkali lipat.

Game city builder dengan cerita

Uniknya, game ini tidak hanya sekedar membangun kota saja. Frostpunk juga menghadirkan cerita yang cukup kelam. Selain harus bertahan dari cuaca yang buruk, kalian juga harus adaptasi menentukan aturan demi kelangsungan desa. Contohnya, kalian bisa memperpanjang jam kerja, tapi bisa meberi efek buruk ke kesehatan warga.

Game ini juga memiliki cerita yang dibagi menjadi tiga cerita. Masing-masing berfokus pada hal yang berbeda. Cerita utamanya berjudul A New Home yang menceritakan warga London yang mengungsi dan harus membuat rumah baru. Ada juga cerita The Arks dan The Refugees. Bahkan ada cerita tambahan melalui DLC.

Frostpunk - Decision

Menjelajahi area sekitar

Selain harus mempertahankan kota yang mengalami terus kondisi buruk. Kalian juga ditugaskan untuk memerika area sekitar dengan mengirim balon udara panas. Kalian bisa menentukan tujuan pergi ke mana. Di masing-masing titik tujuan, kalian bisa menemukan berbagai hal, mulai dari sumber daya yang kalian perlukan, pengungsi lain yang bisa kalian terima atau tidak, hingga automaton yang bisa mengotomatisasi pekerjaan.

Kesimpulan

Frostpunk adalah city builder yang unik karena ruang yang terbatas serta tingkat kesulitan yang tinggi berkat bencana alam. Buat kalian yang suka dengan game penuh tantangan, kalian bisa mencoba Frostpunk.

Bermain Frostpunk sekarang juga adalah kesempatan emas karena 11 bit studios telah mengumumkan sekuelnya, Frostpunk 2 sudah diumumkan dan dijadwalkan akan rilis pada tahun ini.

Frostpunk bisa kalian mainkan di PC, PlayStation 5, Xbox One, dan PlayStation 4. Game ini juga akan rilis di platform mobile, tetapi jadwal rilisnya masih belum diketahui.

Leave A Comment