Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Jepang, Surganya Bermain Game Arcade

Bermain game arcade memang berbeda sensasinya dengan bermain game console. Selain banyak game yang tidak rilis di console, sebagian besar game arcade juga menawarkan cara bermain yang bervariasi, mulai dari rhythm game yang berbeda-beda hingga game pacuan kuda.

Arcade sendiri itu bisa dibilang memiliki dua kategori, yaitu Amerika dan Jepang. Untuk tipe arcade Amerika, biasanya game arcade lebih berfokus pada permainan yang memberikan tiket yang bisa kalian tukar. Biasanya game-nya berupa game yang menguji keberuntungan dan keahlian kalian, contohnya game bola basket atau game menekan tombol dengan timing yang tepat.

Sedangkan untuk tipe arcade Jepang, kebanyakan game arcade-nya lebih berfokus ke gameplay. Ada juga game yang memberikan hadiah seperti UFO Catcher, tetapi kebanyakan adalah berupa game biasa yang menghadirkan gameplay yang seru.

gadis jepang bermain arcade

Di Indonesia sendiri, game arcade sudah tersebar di mana-mana. Kalian biasanya bisa menemukan game arcade di mall, contohnya ada Amazing Town dan Fun World yang ada di berbagai mall. Keunikan dari arcade di Indonesia adalah campuran dari kedua kategori di atas. Kalian bisa menemukan game yang berhadiah tiket yang bisa ditukar dengan hadiah, dan kalian juga bisa menemukan game khas Jepang seperti game rhythm.

Ada di mana-mana

Kalau kalian ke Jepang, kalian bisa menemukan arcade di berbagai tempat. Berbeda dengan di Indonesia, arcade di Jepang itu lokasinya rata-rata di toko atau gedung sendiri, tetapi tentu ada juga beberapa yang di mall, contohnya itu di Round 1 yang berisikan berbagai kegiatan olahraga indoor tetapi ada juga game arcade.

Round 1 Okinawa

Saking besarnya industri arcade di Jepang, bahkan ada sampai satu gedung isinya game arcade yang dibagi ke beberapa lantai. Contohnya, Sega dulu memiliki beberapa gedung arcade, tetapi sayangnya banyak yang tutup karena pandemi, yang akhirnya diambil alih oleh GiGO.

Sega Akihabara Arcade

Bahkan dulu waktu saya jalan-jalan di Kyoto, saya dan teman saya sempat menemukan tempat arcade kecil. Kami pun langsung mencoba tempat arcade tersebut.

Variasi game tanpa akhir

Ketika kalian mengunjungi tempat arcade di Jepang, pasti kalian akan kagum dengan variasi yang ditawarkan. Untuk genre yang sama pun variasinya tanpa akhir. Contohnya game rhythm tersedia mulai dari yang sederhana seperti Taiko no Tatsujin hingga Chunithm yang membuat kalian harus mengangkat tangan yang tinggi.

Bisa dibilang waktu satu hari tidak akan cukup untuk mencoba game arcade di Jepang. Setiap game menawarkan keunikan gameplay yang berbeda. Contohnya saja ada Gunslinger Stratos yang berupa game shooter, tetapi untuk mengganti senjata, kalian harus menyusun 2 pistol yang ditangan kalian sesuai dengan petunjuk.

Ada juga Mobile Suit Gundam: Senjou no Kizuna, pertarungan antar tim Mobile Suit yang membuat kalian akan benar-benar mengendarai Mobile Suit nyata.

Harus coba ketika di Jepang

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bermain arcade di Jepang adalah salah satu hal yang wajib kalian lakukan ketika pergi ke Negeri Sakura tersebut. Dengan varian game yang tanpa akhir, kalian akan bisa mencari game yang cocok dengan kalian. Apabila kalian tidak suka dengan game-game yang fokus ke gameplay, kalian bisa mencoba bermain UFO Catcher atau juga menggunakan purikura photo booth. Salah satu keunikan dari UFO Catcher di Jepang adalah hadiah yang bisa kalian menangkan. Tidak hanya boneka, kalian bahkan bisa memenangkan figure, tote bag, selimut, dan masih banyak lainnya.

Kalau kalian bermain UFO Catcher di Jepang juga ada sedikit keunikan. Jika kalian sudah bermain UFO Catcher yang sama berkali-kali tetapi masih tidak bisa mendapatkannya, kalian bisa minta tolong ke pegawai arcade untuk mengubah posisi barang dalam UFO Catcher agar lebih mudah dimenangkan. Itu adalah salah satu bentuk kebaikan warga Jepang.

Leave A Comment