Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

NBA 2K24 featured image

NBA 2K24: Peningkatan dan Pengurangan Secara Bersamaan

Kalau berbicara soal game ber-genre olahraga seperti sepak bola dan bola basket, serinya setiap tahun mendapatkan judul baru. Hal ini tentunya terjadi pada NBA 2K pada tahun ini yaitu NBA 2K24 buatan 2K Games. Sebagai entri terbaru, tentunya game ini menghadirkan banyak peningkatan, baik dari sisi gameplay maupun grafis. Namun, sayangnya ada juga beberapa kekurangan yang bisa membuat kalian frustasi ketika bermain.

Animasi yang lebih mulus

NBA 2K24 screenshot

Untuk versi terbaru ini, NBA 2K24 masih menghadirkan gameplay yang masih sama, jadi kalian tidak perlu repot-repot beradaptasi dengan kontrol yang berubah. Kalian bisa langsung bermain basket dengan tim favorit kalian.

Salah satu fitur baru yang dihadirkan dalam NBA 2K24 adalah ProPlay. Untuk versi-versi sebelumnya, seri ini mengandalkan motion capture untuk gerakan karakter. Kini mereka menggunakan ProPlay yang dapat menganalisa video-video rekaman NBA dan langsung otomatis diadaptasi ke gameplay.

Berkat sistem ini, animasi para atlet dalam game terlihat menjadi mulus, sesuai dengan gerakan aslinya di dunia nyata. Tentunya animasi ini berlaku untuk semua gerakan atlet, termasuk dribble, shoot, dan pass.

AI yang Lebih Baik

Tidak hanya dari sisi animasi saja yang ditingkatkan, kemampuan AI untuk karakter komputer pun terus dipoles. Karakter komputer kini bergerak lebih baik, baik dari sisi tim kalian atau pun tim lawan.

Tim lawan terutama bergerak lebih baik, yang membuat game ini menjadi lebih menantang. Gerakan tim lawan kini lebih mengadaptasi dari aksi yang kalian lakukan. Contohnya, ketika bola ada di anggota tim kalian yang kurang jago melakukan shoot, maka tim lawan akan langsung adaptasi untuk mundur atau memaksa tim kamu untuk melakukan shoot agar mereka bisa mengambil bola yang gagal masuk.

Banyak Bug

Sayangnya walau ada berbagai peningkatan, sepertinya pengembangan game ini masih kurang optimal. Banyak pemain yang melaporkan bahwa versi terbaru ini penuh dengan bug dan glitch. Kalian bisa lihat user review di Metacritic dan di Steam, banyak sekali yang memberikan review negatif.

Bahkan ada yang hingga mengalami crash terus ketika mencoba untuk bermain multiplayer. Kelakuan AI juga masih sering kacau meski sudah ada peningkatan. Tapi yang cukup parah, untuk versi PC, 2K Games malah mengadaptasi versi last-gen alias versi PS4 dan Xbox One, bukannya versi next-gen yaitu versi PS5 dan Xbox Series X/S.

NBA 2K24 screenshot

Memaksa microtransaction di MyCareer

MyCareer adalah salah satu mode permainan yang cukup digemari fans karena mereka bisa merasakan bagaimana perjalanan karir menjadi pemain basket mulai dari nol hingga menjadi atlet nomor 1.

Namun sayangnya mode single player ini dipenuhi dengan microtransaction, bahkan game-nya sendiri hingga memaksa kalian untuk mengeluarkan uang.

Untuk melakukan apa pun di MyCareer, kalian akan memerlukan virtual currency (VC), baik untuk meningkatkan kemampuan karakter ataupun mengubah tampilan karakternya.

Menurut laporan, dengan membeli edisi spesial, kalian akan mendapatkan bonus 100.000 VC. Namun, walau kalian sudah menggunakan semua uang itu, status karakter kalian hanya bisa mencapai skor 75 saja. Kalau kalian membeli edisi spesial, status karakter kalian hanya mencapai 60-an saja karena tidak mendapatkan bonus VC.

Hal ini cukup fatal ketika memainkan mode MyCareer. Kalian bisa mendapatkan VC dengan memenangkan pertandingan. Tetapi dengan status karakter yang rendah, hal ini membuat kalian jadi sulit menang.

Jadi jika ingin ada progres, mau tidak mau kalian harus mengeluarkan uang nyata untuk mode single player ini.

Kesimpulan

Walau ada banyak peningkatan seperti fitur ProPlay yang membuat animasi semakin keren dan AI yang lebih responsif, sayangnya kekurangan-kekurangan dalam game ini cukup fatal. Jadi kalau kalian memang ingin benar-benar bermain NBA 2K24, ada baiknya kalian menunggu diskon besar untuk game basket ini.

NBA 2K24 sudah bisa kalian mainkan di PlayStation 5, Xbox Series S/X, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, dan PC.

Leave A Comment