Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Persona 5 Royal - Featured

Persona 5 Royal: Menjadi Pencuri Bertopeng!

Salah satu JRPG yang berhasil booming di seluruh dunia adalah Persona 5 Royal. Masih serupa dengan game Persona sebelumnya, di Persona 5 Royal ini kalian akan menjadi anak SMA yang akan menjalani dua kehidupan: sebagai murid SMA dan juga sebagai pencuri bertopeng.

Persona 5 Royal adalah game buatan Atlus yang pertama kali rilis pada 31 Maret 2020. Sesuai dengan judulnya, game ini merupakan upgrade dari Persona 5 yang rilis di 2017. Upgrade ini menghadirkan berbagai peningkatan seperti karakter baru, Palace baru, peningkatan gameplay, dan masih banyak lainnya.

Menjadi Anak SMA dengan Masa Lalu Kelam

Cerita dimulai dengan flashback ketika sang karakter utama sedang berjalan di malam hari lalu terlibat dalam argumen antara seorang lelaki dan perempuan. Ternyata sang lelaki ini adalah orang terkenal dan menuntut sang karakter utama.

Phantom Thieves of Heart

Karena kasus ini, ia harus masuk probasi selama setahun dan dikeluarkan dari sekolahnya. Selama masa probasinya ini, sang tokoh utama harus masuk ke Shujin Academy di Tokyo dan tinggal di kafe milik teman orang tuanya. Di tempat baru ini, kalian akan bertemu dengan berbagai tokoh yang akan menjadi party kalian atau juga yang akan membantu petualangan kalian.

Masuk ke Dunia Lain

Di tengah keseharian baru, kalian tiba-tiba mendapatkan aplikasi ponsel misterius yang bisa membawa kalian ke dunia lain dari tempat-tempat tertentu.

Palace

Bersama teman, kalian akan membentuk Phantom Thieves of Heart yang beraksi di dunia lain. Tugas kalian di dunia lain ini adalah mencuri hati dari orang-orang jahat untuk mengubah mereka menjadi baik.

Penuh Gaya

Sebagai tim pencuri bertopeng, aksi sang tokoh utama dan teman-temannya akan penuh gaya yang keren. Kekerenan ini tidak terbatas dari aksi mereka saja, bahkan tampilan interface pun sangat memukau. Tidak terbatas pada interface saat bertarung saja, interface di toko pun tidak kalah kerennya.

Menu

Salah satu yang membuat Persona 5 Royal terkenal adalah kekerenannya. Kalian dijamin akan kagum dengan kerennya game ini.

Baca juga: Persona 5 Tactica, Pilih Karakter Unik dan Kalahkan Lawan

Gameplay Khas Seri Persona

Kalau kalian sudah pernah bermain dengan game-game Persona sebelumnya, tentunya Persona 5 Royal ini tidak terasa asing. Secara garis besar, gameplay dibagi menjadi dua bagian: kegiatan sehari-hari di siang dan beraksi sebagai pencuri bertopeng di malam hari.

Persona 5 Royal - City

Kegiatan di siang hari bisa dibilang adalah persiapan untuk beraksi di malam hari. Kalian bisa meningkatkan status sosial, berinterkasi dengan Confidant untuk meningkatkan relasi karakter yang menguntungkan kalian, membeli item, dan masih banyak kegiatan lainnya.

Sedangkan di malam hari, kalian bisa pergi ke Palace yang akan terbuka sesuai dengan urutan cerita atau pergi ke Mementos yang merupakan dungeon yang akan terus berubah setiap kali dikunjungi. Mementos ini cocok untuk grinding meningkatkan level atau juga untuk mengumpulkan Persona baru.

Kumpulkan Persona

Salah satu ciri khas dari seri Persona adalah mengumpulkan Persona yang merupakan demon yang bisa kalian gunakan kekuatannya. Semua musuh (kecuali boss) yang muncul di Persona 5 Royal bisa kalian tangkap untuk menjadi teman kalian.

School

Salah satu cara tangkap baru di Persona 5 Royal adalah negosiasi dengan sang Persona. Negosiasi ini cukup menantang karena kalian harus memberi jawaban yang sesuai dengan kepribadian mereka.

Selain itu, kalian juga bisa mengakses Velvet Room untuk mengatur koleksi Persona kalian. Di sini, kalian juga bisa melakukan fusion dari Persona yang kalian miliki untuk mendapatkan Persona baru.

Sistem Pertarungan Persona 5 Royal

Persona 5 Royal masih menggunakan sistem pertarungan turn-based. Tetapi dengan interface yang keren, sistem turn-based-nya jadi tidak terasa. Ciri khas dari sistem pertarungan Persona masih dipertahankan yaitu Press Turn System.

Persona 5 Royal - Battle

Kalau kalian berhasil menyerang kelemahan musuh, maka sang musuh akan jatuh dan bisa menyerang lagi. Kalau kalian berhasil membuat semua musuh jatuh, kalian bisa melakukan serangan gerombolan bersama party yang bernama All Out Attack.

Ketika bertarung, kalian harus memperhatikan HP tokoh utama karena kalau HP tokoh utama habis, permainan akan langsung berakhir. Selain itu, kalian juga harus mengatur MP dengan hati-hati. Kalau kalian kehabisan MP, kalian pasti akan jadi kesulitan untuk menyerang kelemahan lawan.

Baca juga: Yakuza: Like a Dragon:  Tokoh Utama Baru, Gameplay jadi RPG

Tambahan baru di Royal

Persona 5 Royal adalah versi upgrade dari Persona 5 yang menghadirkan beberapa peningkatan. Selain peningkatan gameplay agar jadi lebih mudah dimainkan, ada juga karakter baru yang menjadi party, serta Palace baru yang bisa kalian tantang.

Persona 5 Royal - Shibuya

Sayangnya untuk karakter baru dan Palace baru ini sedikit kurang memuaskan. Palace baru ini baru muncul setelah kalian mengalahkan boss terakhir di Persona 5. Jadi dari segi cerita itu cukup aneh karena kalian sudah mengalahkan boss terakhir yang menyelesaikan cerita keseluruhan, tetapi tiba-tiba ada masalah baru.

Tidak hanya itu, karakter baru yang menjadi party juga hanya bisa kalian gunakan sebagai party di Palace terakhir ini saja.

Kesimpulan

Kalau kalian belum pernah main seri Persona, Persona 5 Royal adalah game yang tepat untuk kalian mainkan. Seluruh sistem gameplay bisa dibilang di-streamline dari game-game Persona sebelumnya sehingga sangat mudah untuk dimengerti dan dimainkan.

Persona 5 Royal sudah bisa kalian mainkan di PlayStation 5, Xbox Series X/S, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, dan PC.

Leave A Comment