Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Adaptor PlayStation VR2 featured

PlayStation VR2 Dapatkan Adaptor untuk PC

Salah satu aksesoris untuk PlayStation 5 yang mungkin kalian tidak sadari sudah rilis adalah PlayStation VR2. VR headset ini pertama kali rilis pada 22 Februari 2023, tetapi peluncurannya tidak terasa. Kini, Sony Interactive Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan merilis adaptor yang memungkinkan PS VR2 bisa digunakan di komputer.

Kapan Adaptor PS VR2 untuk PC Rilis?

Adaptor ini akan dirilis pada tanggal 7 Agustus dengan harga US$ 59,99 atau sekitar 980 ribu rupiah. Sony mengatakan bahwa produk ini hanya akan tersedia di beberapa toko ritel tertentu dan juga melalui PlayStation Direct, situs belanja online milik PlayStation.

isi paket adaptor PlayStation VR2

Tentunya pengumuman ini saat ini untuk wilayah Amerika dan Eropa saja. Untuk wilayah Indonesia sendiri belum ada pengumuman resminya. Namun karena PlayStation sudah resmi hadir di Indonesia, kemungkinan besar produk ini juga akan rilis di Indonesia.

Spesifikasi Minimum

Untuk bisa menggunakan PlayStation VR2 dengan lancar di komputer, kalian memerlukan spesifikasi minimum sebagai berikut:

Operating SystemWindows 10 64-bit / Windows 11 64-bit
ProcessorIntel Core i5-7600 / AMD Ryzen 3 3100 (harus arsitektur Zen 2 atau lebih baru)
RAM / Memory8 GB atau lebih
GPU / Graphic CardNvidia GeForce GTX 1650 atau di atasnya (harus arsitektur Turing atau lebih baru)Nvidia RTX seriesAMD Radeon RX 5500XT atau lebih bagusAMD Radeon RX 6500XT atau lebih bagus (Untuk performa terbaik, kalian disarankan mengugnakan Nvidia GeForce RTX 3060 atau lebih baru, atau AMD Radeon RX 6600XT atau lebih baru)
DisplayPortDisplayPort 1.4 (harus memiliki koneksi DisplayPort standar atau Mini DisplayPort)
USBHanya koneksi langsung
BluetoothBluetooth 4.0 atau lebih baru

Batasan Penggunaan PlayStation VR2 di PC

Karena PlayStation VR2 aslinya didesain untuk PlayStation 5, tentunya penggunaan di komputer ada beberapa batasan. Batasan pertama adalah VR headset ini hanya bisa digunakan untuk game-game yang mendukung permainan virtual reality yang menggunakan SteamVR.

Selain itu, paket adaptornya hanya berisikan adaptornya saja. Jadi kalian akan menyiapkan kabel DisplayPort secara pribadi dan harus kompatibel dengan DisplayPort 1.4. Kalian juga akan memerlukan akun Steam untuk bisa menggunakan SteamVR.

Hal lainnya yang harus kalian perhatikan adalah ada beberapa fitur yang tidak bisa kalian gunakan karena PlayStation VR2 didesain untuk PlayStation 5. Fitur-fitur utama seperti HDR, headset feedback, eye tracking, adaptive trigger, dan haptic feedback (selain getaran) tidak akan bisa digunakan ketika bermain di PC.

Fitur-fitur yang bisa kalian digunakan di PC adalah dukungan visual 4K, bidang pandang seluas 110 derajat, deteksi sentuhan jari, tampilan tembus pandang, foveated rendering, dan audio 3D.

Leave A Comment