Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Seluruh Pengumuman Nintendo Direct 18.6.24, Metroid Prime 4 Akhirnya Terlihat!

Semalam, tepatnya pada tanggal 18 Juni 2024 pukul 21:00 WIB, Nintendo mengadakan Nintendo Direct yang mengumumkan game-game baru yang akan rilis pada paruh akhir 2024.

Nintendo Direct kali ini ada banyak pengumuman menarik, mulai dari judul-judul baru Nintendo hingga tampak Metroid Prime 4 akhirnya diperlihatkan! Tidak usah lama-lama lagi, mari lihat apa saja pengumumannya:

Mario & Luigi Brothership

Nintendo memulai acara dengan kejutan entri terbaru dari seri RPG unik Mario & Luigi. Entri terbaru yang berjudul Mario & Luigi: Brothership ini akan membawa pasangan adik kakak ini berlayar menggunakan Shipshape Island untuk menjelajahi dunia Concordia yang luas.

Mario & Luigi: Brothership masih menghadirkan sistem pertarungan unik yang membuat kedua adik kakak bekerjasama. Kalian akan menjelajahi berbagai pulau, mulai dari pulau hutan tropis hingga kota yang ramai. Sepanjang perjalanan, kalian akan bertemu dengan teman baru dan juga teman lama seperti Peach dan Bowser.

Mario & Luigi: Brothership akan rilis pada tanggal 7 November untuk Nintendo Switch.

Nintendo World Championships: NES Edition

Nintendo telah menayangkan trailer baru untuk Nintendo World Championships: NES Edition. Trailer kali ini memperkenalkan mode permainan baru yaitu Survival Mode dan Legend Challenge.

Dalam Survival Mode, kalian akan bertarung melawan pemain lain secara online untuk bisa menjadi juara Nintendo World Championships. Sedangkan dalam Legend Challenge, kalian bisa mencoba tantangan yang sulit seperti menamatkan Super Mario Bros. dalam sekali main.

Nintendo World Championships: NES Edition akan rilis pada 18 Juli 2024 untuk Nintendo Switch.

Fairy Tail 2

Penerbit Koei Tecmo dan pengembang Gust telah mengumumkan Fairy Tail 2 yang akan rilis untuk PlayStation 5, PlayStation 4, Nintendo Switch, dan PC pada musim dingin ini.

Fairy Tail 2 adalah game RPG yang akan menghadirkan aksi klimaks dari cerita aslinya yaitu Alvarez Empire Arc. Di sekuel ini, kalian tidak hanya mengendalikan Natsu dan Lucy saja, tetapi juga anggota guild Fairy Tail lainnya untuk menghadapi musuh terkuat mereka yaitu Zeref, sang Emperor Spriggan dari Alvarez Empire. Ia dilindungi oleh Spriggan 12 dan juga Acnologia sang Black Dragon.

Fairy Tail 2 menghadirkan grafis 3D dengan gameplay yang ditingkatkan dengan pertarungan yang lebih seru dan spektakular. Kalian akan bisa menggunakan sihir yang kuat dan juga berbagai strategi untuk mengalahkan musuh dengan aksi yang keren. Kalian juga akan bisa menjelajahi peta yang luas secara bebas.

Fairy Tail 2 akan menghadirkan fitur unik bernama Character Stories. Kalian akan bisa melihat sisi baru dari karakter favorit kalian dalam mode ini. Kalian juga akan bsia menikmati cerita orisinal baru bernama Key to Hidden Secrets, yang membuat kalian bisa mengalami kejadian yang terjadi setelah pertarungan terakhir dalam karya aslinya.

Fantasian Neo Dimension

Penerbit Square Enix dan pengembang Mistwalker telah mengumumkan Fantasian Neo Dimension yang akan rilis untuk PlayStation 5, Xbox Series X/S, PlayStation 4, Nintendo Switch, dan PC pada musim dingin.

Fantasian Neo Dimension dibuat oleh kreator Final Fantasy Hironobu Sakaguchi dan komposer Final Fantasy Nobuo Uematsu yang berkolaborasi untuk cerita RPG orisinal. Game ini adalah versi upgrade dari Fantasian yang rilis untuk Apple Arcade pada 2021. Versi baru ini dilengkapi dengan dubbing bahasa Inggris dan Jepang serta tingkat kesulitan tambahan.

Dalam Fantasian Neo Dimension, kalian akan menjadi Leo yang pergi berpetualang untuk mengembalikan ingatannya serta memecahkan misteri dari infeksi mekanis aneh yang menghancurkan dunia.

Kalian akan bisa menikmati pertarungan turn-based yang orisinal dan modern, dilengkapi dengan mekanisme unik dan pertarungan strategis yang mengguncang formula RPG klasik, dan jelajahi alam semesta multi dimensi yang unik dengan background berupa diorama yang dibuat dengan indah sebanyak lebih 150 macam.

Nintendo Switch Sports

Nintendo mengumumkan bahwa Nintendo Switch Sports akan mendapatkan update gratis baru yang menghadirkan permainan bola basket. Update ini akan rilis pada musim panas.

Kalian akan bisa bermain menggunakan motion control untuk dribble dan shoot. Pertandingan di lakukan 2 lawan 2 yang bisa dilakukan secara lokal atau online. Ada juga mode Three-Point Challenge, Five-Streak Battle, dan Three-Point Contest.

MIO: Memories in Orbit

Penerbit Focus Entertainment dan pengembang Douze Dixiemes telah mengumumkan game metroidvania baru berjudul MIO: Memories in Orbit.

Dalam game ini, kalian akan menjadi MIO, robot lincah dengan kemampuan luar biasa. Kalian terbangun dalam Vessel, sebuah pesawat ulang alik yang terdampar di luar angkasa. Pesawat yang canggih ini tidak diketahui memiliki misi apa, dan kini terdampar di dunia yang indah. Misi kalian adalah mencari tahu masa lalu kalian dan juga mengenai misteri Vessel.

MIO: Memories in Orbit akan rilis pada tahun 2025 untuk PlayStation 5, Xbox Series X/S, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, dan PC.

Hello Kitty Island Adventure

Setelah sukses di Apple Arcade, Sunblink kini siap menghadirkan Hello Kitty Island Adventure ke Nintendo Switch dan PC pada awal 2025, lalu kemudian ke PlayStation 5 dan PlayStation 4.

Dalam game ini, kalian akan membuat karakter unik khas Sanrio dan pergi liburan ke Big Adventure Park. Ternyata ketika tiba di sini, pulaunya dalam kondisi berantakan dan teman-teman Sanrio para terpencar.

Tugas kalian adalah mengembalikan kembali keindahan pulau dan taman bermain serta mengumpulkan para karakter Sanrio untuk berkumpul kmebali. Kalian akan bisa melakukan dekorasi sesuka hati. Game ini juga mendukung permainan multiplayer.

Looney Tunes: Wacky World of Sports

Penerbit GameMill Entertainment dan pengembang Bamtang Games telah mengumumkan Looney Tunes: Wacky World of Sports yang akan rilis untuk PlayStation 5, Xbox Series X/S, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, dan PC. Game ini akan rilis pada musim gugur.

Sesuai dengan judulnya, game ini akan mengumpulkan para karakter Looney Tunes yang berlomba dalam pertandingan bola basket, sepak bola, golf, dan tenis. Game ini mendukung permainan sendirian atau empat orang dalam local co-op.

Tentunya arena akan dipenuhi dengan berbagai rintangan dan power up khas Looney Tunes. Kalian akan bisa memilih 9 karakter ikonik yaitu Bugs Bunny, Lola Bunny, Daffy Duck, Porky Pig, Elmer Fudd, Sylvester, Taz, Wile E. Coyote, dan Road Runner. Stage yang dihadirkan pun adalah lokasi-lokasi unik dari Looney Tunes.

Among Us

Innersloth telah merilis update baru untuk menambahkan tiga role baru yang bisa kalian mainkan di Among Us. Mereka adalah:

  • Crewmate Role Baru: Tracker – Gunakan tracking device untuk melihat posisi Crewmate di minimap.
  • Crewmate Role Baru: Noisemaker – Akan mengeluarkan suara ketika mati untuk memberitahu semua orang lokasi mayat kalian.
  • Impostor Role Baru: Phantom – Menjadi transparan selama beberapa detik untuk kabur.

Farmagia

Marvelous dan XSEED Games mengumumkan bahwa Farmagia akan rilis pada 1 November di seluruh dunia. Game merupakan game beternak monster dan game aksi dengan karakter yang didesain oleh Hiro Mashima, pengarang Fairy Tail.

Farmagia akan rilis untuk PlayStation 5, Nintendo Switch, dan PC.

Donkey Kong Country Returns HD

Nintendo mengumumkan game Donkey Kong Country HD yang akan rilis untuk Nintendo Switch pada 16 Januari 2025. Game ini sebelumnya rilis untuk Wii dan kemudian di port ke Nintendo 3DS. Versi HD ini akan mendukung bermain sendiri atau bersama teman dalam local co-op berdua. Stage dari versi Nintendo 3DS juga dimasukan sehingga total ada 80 level yang bisa kalian mainkan.

Dragon Quest III HD-2D Remake

Penerbit Square Enix dan pengembang Artdink akhirnya mengumumkan tanggal rilis untuk Dragon Quest III HD-2D Remake. Remake yang sudah dinanti-nantikan ini akan rilis pada tanggal 14 November 2024 untuk PlayStation 4, Xbox Series X/S, Nintendo Switch, dan PC. Square Enix juga mengumumkan kejutan bahwa Dragon Quest I & II juga mendapatkan HD-2D Remake yang akan rilis di 2025. Kalau sesuai linimasa cerita game, urutan bermain adalah Dragon Quest III lalu Dragon Quest I, dan terakhir Dragon Quest II.

The New Denpa Men

Genius Sonority akhirnya mengumumkan bahwa The New Denpa Men akan rilis untuk Nintendo Switch pada 22 Juli. Dalam game gratis ini, kalian bisa mengumpulkan Denpa Men lewat sinyal WiFi dan menangkap mereka untuk dijadikan party dalam permainan RPG.

Butto Bird

Penerbit Shogakukan dan pengembang Locobit telah merilis game baru yang berjudul Butto Bird di Jepang dengan harga 990 yen.

Butto Bird adalah pertarungan di angkasa menggunakan “burung” yang memiliki “jetpack”. Pertarungan 4 pemain ini unik karena kalian harus menabrak musuh untuk mengalahkannya.

Metal Slug Attack Reloaded

SNK mengumumkan bahwa Metal Slug Attack Reloaded telah rilis untuk PlayStation 5, Xbox Series X/S, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, dan PC dengan harga Rp. 150.000. Game ini sebelumnya rilis untuk mobile. Versi konsol ini memilliki mode Another Story dan Gallery.  

Darkest Dungeon II

Red Hook Studios mengumumkan bahwa Darkest Dungeon II versi konsol juga akan hadir di Nintendo Switch. Sebelumnya mereka sudah mengumumkan bahwa game ini akan hadir di PlayStation 5 dan PlayStation 4 pada tanggal 15 Juli. Versi Nintendo Switch akan rilis di tanggal yang sama.

Kamaitachi no Yoru x3

Spike Chunsoft telah mengumumkan bahwa sound novel Kamaitachi no Yoru x3 akan hadir untuk PlayStation 4, Nintendo Switch, dan PC. Game ini akan rilis di Jepang pada tanggal 19 September.

Sesuai dengan judulnya, game yang merayakan peringatan 30 tahun seri Kamaitachi no Yoru ini berisikan Kamaitachi no Yoru, Kamaitachi no Yoru 2, dan episode penutup.

Nintendo Switch Online + Expansion Pack

Nintendo telah mengumumkan game klasik yang akan ditambahkan ke Nintendo Switch Online + Expansion Pack. Untuk game GBA, Nintendo menambahkan Zelda: A Link to the Past Four Swords dan Metroid: Zero Mission. Sedangkan untuk Nintendo 64, mereka menambahkan Perfect Dark dengan online multiplayer dan Turok: Dinosaur Hunter.

Phantom Brave: The Lost Hero

Nippon Ichi Software mengumumkan kejutan bahwa Phantom Brave mendapatkan sekuel terbaru yang berjudul Phantom Brave: The Lost Hero. Sekuel ini akan rilis untuk PlayStation 5, PlayStation 4, Nintendo Switch, dan PC pada tahun 2025.

Dalam entri terbaru ini, Marona yang memiliki kekuatan berbicara dengan Phantom bersama rekan Phantom-nya Ash pergi ke dunia samudera bernama Ivoire. Namun mereka diserang oleh bajak laut. Kini Marona bersama teman barunya Apricot harus mengumpulkan Phantom untuk melawan bajak laut. Tidak hanya bisa dipasang ke obyek saja, kini Phantom bisa digabungkan dengan Gadget, bahkan dengan diri Marona.

Marvel vs. Capcom Fighting Collection: Arcade Classics

Capcom mengumumkan Marvel vs. Capcom Fighting Collection: Arcade Classics yang akan rilis untuk PlayStation 4, Nintendo Switch, dan PC. Koleksi game fighting ini akan rilis di 2024 dan berisikan:

  • X-Men: Children of the Atom
  • Marvel Super Heroes
  • Marvel vs. Capcom: Clash of Super Heroes
  • Marvel vs. Capcom 2: New Age of Heroes
  • X-Men vs. Street Fighter
  • The Punisher

Koleksi ini mendukung pertarungan online yang sudah mendukung rollback netcode. Ada juga mode Spectator untuk menonton pertarungan dan juga fitur tambahan seperti koleksi musik dan grafis, filter layar, dan lainnya.

Ninja Slayer: Neo-Saitama in Flames

Penerbit Kadokawa Game Linkage dan pengembang Skeleton Crew Studio telah mengumumkan bahwa Ninja Slayer: Neo-Saitama in Flames juga akan rilis di Nintendo Switch. Versi Switch akan rilis bersamaan dengan versi PC pada tanggal 24 Juli. Sesuai dengan judulnya, game ini mengadaptasi seri manga berjudul Ninja Slayer.

Reynatis

Penerbit FuRyu dan pengembang Natsume Atari telah mengumumkan bahwa Reynatis menghadirkan demo untuk versi Nintendo Switch di Jepang. Kalian bisa download demo-nya dari Nintendo eShop, tetapi kalian akan memerlukan akun Jepang.

Reynatis akan rilis pada tanggal 27 September untuk PlayStation 5, PlayStation 4, Nintendo Switch, dan PC.

Super Mario Party Jamboree

Nintendo telah mengumumkan Super Mario Party Jamboree untuk Nintendo Switch yang akan rilis pada tanggal 17 Oktober.

Entri terbaru ini menghadirkan 5 papan baru dan juga 2 papan dari Mario Party klasik. Total mini-game ada lebih dari 110 macam, jumlah terbanyak dari sepanjang seri Mario Party. Ada juga permainan online bernama Koopathlon Mode yang membaut 20 pemain bertanding mini-game secara ramai-ramai.

The Legend of Zelda: Echoes of Wisdom

Nintendo mengumumkan kejutan berupa The Legend of Zelda: Echoes of Wisdom. Game ini akan rilis pada tangal 26 September untuk Nintendo Switch.

Game ini cukup berbeda dari sebelum-sebelumnya karena kalian akan mengendalikan Zelda, bukan Link. Bersama dengan peri misterius bernama Tri, Zelda menggunakan Tri Rod untuk membuat echo, imitasi dari benda-benda yang ia temukan di perjalanan. Echo ini bisa kalian gunakan untuk memecahkan puzzle atau mengalahkan musuh dengan bebas.

Eggy Party

NetEase Games akan merilis game Eggy Party yang bisa dimainkan secara gratis di Nintendo Switch pada 19 Juli. Game ini sudah tersedia di Android dan iOS.

Game ini adalah party royale seperti Benteng Takeshi dimana para pemain harus balapan di arena penuh tantangan untuk menjadi yang tercepat mencapai finish. Karakter Eggy bisa memiliki kemampuan unik yang akan membantu perlombaan. Kalian juga bisa menjelajahi Eggy Town yang penuh dengan aktivitas bersama teman. Bahkan kalian juga bisa membuat arena sendiri yang bisa dibagikan ke pemain di seluruh dunia.

Stray

Penerbit Annapurna Interactive dan pengembang BlueTwelve Studio mengumumkan bahwa Stray akan hadir di Nintendo Switch pada akhir 2024. Game kucing ini sebelumnya rilis untuk PlayStation 5, PlayStation 4, dan PC pada 19 Juli 2022 dan kemudian di Xbox Series X/S dan Xbox One pada 10 Agustus 2023.

Ace Attorney Investigations Collection

Capcom mengumumkan Ace Attorney Investigations Collection untuk PlayStation 4, Nintendo Switch, dan PC yang akan rilis pada 6 September.

Game ini berisikan Ace Attorney Investigations: Miles Edgeworth dan Ace Attorney Investigations 2: Prosecutor’s Gambit. Keduanya sebelumnya rilis untuk Nintendo DS dan Ace Attorney Investigations 2: Prosecutor’s Gambit sebelumnya hanya rilis di Jepang saja.

Grafis tentunya ditingkatkan dengan signifikan. Untuk sprite karakter, kalian bisa memilih versi baru atau versi klasik. Ada juga peningkatan gameplay seperti fitur History untuk membaca ulang dialog, bisa memilih bab dengan bebas, dan masih banyak lainnya.

The Hundred Line: Last Defense Academy

Penerbit Aniplex dan pengembang Too Kyo Games dan Media.Vision telah mengumumkan The Hundred Line: Last Defense Academy. Game ini akan rilis untuk Nintendo Switch dan PC pada awal 2025.

Game ini menceritakan Takumi Sumino, seorang remaja biasa yang tinggal di Tokyo Residential Complex. Suatu hari, monster tiba-tiba muncul dan menghancurkan kota. Kemudian makhluk aneh yang menyebut dirinya sebagai Sirei muncul di hadapan Takumi dan menawarkan kekuatan untuk melindungi orang-orang tersayang. Untuk mendapatkan kekuatannya, ia harus menusuk dadanya sendiri.

Begitu sadar, Takumi sudah berada di Last Defense Academy, sekolah terpencil yang dikelilingi oleh api. Dia bersama 14 murid lainnya telah dipilih masuk ke dalam Special Defense Unit, tim yang bertugas melindungi sekolah selama 100 hari ke depan.

Romancing SaGa 2: Revenge of the Seven

Square Enix telah mengumumkan remake Romancing SaGa 2 yang berjudul Romancing SaGa 2: Revenge of the Seven yang akan rilis untuk PlayStation 5, PlayStation 4, Nintendo Switch, dan PC. Game ini akan rilis pada tanggal 24 Oktober.

Romancing SaGa 2: Revenge of the Seven menceritakan pertarungan antara Varennes Empire dan Seven Heroes yang tiba-tiba menyerang Vareness Empire. Game ini menghadirkan sistem unik dimana tokoh utama adalah kaisar dari kerajaan tersebut dan bisa mewariskan kekuatannya ke pemimpin selanjutnya.

Metroid Prime 4: Beyond

Setelah tujuh tahun tidak ada kabar, penerbit Nintendo dan pengembang Retro Studios telah memperlihatkan tampak perdana dari Metroid Prime 4: Beyond. Game ini akan rilis untuk Nintendo Switch pada tahun 2025.

Leave A Comment