Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Super Mecha Champions - Cover

Super Mecha Champions: Battle Royale dengan Mecha

Game dengan genre battle royale bisa dibilang adalah salah satu genre terbaru yang hadir di industri game. Genre ini awalnya dipopulerkan oleh mod untuk game survival skala besar seperti Minecraft dan ARMA 2 pada awal 2010. Di tahun 2017, mulai banyak judul khusus game battle royale seperti PUBG: Battlegrounds, Fortnite Battle Royale, Apex Legends, dan masih banyak lainnya.

Salah satu game battle royale yang cukup unik adalah Super Mecha Champions. Ya, sesuai dengan namanya, dalam game battle royale buatan NetEase Games ini kalian akan bisa mengendari mecha di arena.

Battle Royale

Sama seperti pada game battle royale pada umumnya, 100 pemain akan bertarung dalam 1 arena di Super Mecha Champions. Tugas kalian hanyalah 1: menjadi yang terakhir bertahan hidup.

Gameplay lainnya pun masih serupa, seperti kalian harus mencari senjata di medan perang, area perang yang terus mengecil, hingga 1 tim bisa beranggotakan tiga orang. Namun Super Mecha Champions menghadirkan twist yang unik yaitu kalian bisa memanggil mecha ketika bertarung.

Super Mecha Champions - Pilot

Keunikan lainnya adalah kalau kalian bermain solo atau dalam tim yang belum penuh, kalian bisa merekrut pemain yang sudah kalian kalahkan tapi masih dalam posisi jatuh.

Kustomisasi yang lengkap

Salah satu keunikan dari Super Mecha Champions adalah setiap karakter memiliki kemampuan unik yang berbeda-beda. Contohnya Ning bisa melakukan roll ke segala arah. Walau setiap karakter memiliki kemampuan yang berbeda, skill ini tidak imba jadinya kalian bisa tenang karena pertarungan akan tetap adil.

Kalian juga bisa mengubah tampilan karakter dengan skin baru. Untuk mendapatkan skin tentunya tidak mudah karena sebagian besar skin memerlukan uang nyata atau gacha yang memaksa kalina untuk mengeluarkan uang untuk bisa didapatkan.

Selain karakter, aspek yang penting dalam game ini adalah mecha kalian. Untuk mecha, tentunya setiap unit memiliki senjata dan keahlian yang berbeda. Kalian juga bisa sedikit mengubah kemampuan mecha dengan memasang core module yang variasinya ada berbagai macam. Module ini baru aktif ketika kalian mengambilnya di medan perang.

Sama seperti karakter, kalian juga bisa mengubah tampilan mecha dengan skin baru atau dengan warna baru. Tapi sama seperti pada game gratis pada umumnya, kalian akan memerlukan waktu lama atau mengeluarkan uang untuk bisa mendapatkan skin yang baru.

Mecha yang keren

Mecha baru bisa kalian panggil ketika meteran di bagian tengah bawah layar sudah penuh. Ketika sudah dipanggil, kalian bisa akan terus memakai mecha selama belum dihancurkan. Kalau mecha sudah hancur pun kalian tidak perlu khawatir. Mecha bisa kalian panggil kembali ketika meteran sudah penuh. Kalian juga bisa menemukan item yang bisa mempercepat waktu memanggil mecha.

Super Mecha Champions - Mecha

Seperti yang sudah disebutkan di atas, setiap mecha memiliki senjata dan kemampuan yang berbeda. Jadi kalian bisa cari mecha yang sesuai dengan gaya bermain kalian. Perbedaan utama antara dari mengendalikan karakter adalah mecha tidak bisa mengganti senjatanya. Meski begitu, serangan mecha jauh lebih kuat dan bisa menjadi pertahanan kalian sebelum mati.

Versi PC juga tersedia

Super Mecha Champions adalah game mobile yang hadir untuk Android dan iOS. Namun NetEase Games juga merilis versi PC yang rilis lewat Steam. Sayangnya versi PC ini tidak bisa terhubung dengan versi mobile.

Artinya, kalian tidak bisa melanjutkan progres dari versi mobile ke versi PC. Kalian juga tidak bisa bermain bersama antara versi mobile dan versi PC. Hal ini dikarenakan konten untuk versi mobile sudah lebih jauh, dan pemain di versi memiliki keuntungan dengan kontrol keyboard dan mouse.

Sayangnya hal ini berefek cukup besar. Jumlah pemain di PC jauh lebih sedikit daripada versi mobile. Untuk menangani hal itu, NetEase menghadirkan bot untuk versi PC. Ada kemungkinan kalian akan lebih sering bertemu dengan bot daripada pemain.

Bahkan sekarang sepertinya NetEase sudah meninggalkan versi PC begitu saja. Sekarang sudah banyak pemain yang melaporkan layar hitam yang tidak berubah saat memulai permainan. Namun masih belum ada informasi mengenai perbaikan masalah ini dari NetEase.

Kesimpulan

Super Mecha Champions - MVP

Super Mecha Champions adalah battle royale yang unik karena kehadiran mecha. Gameplay yang dihadirkan cukup seru dan tidak membosankan untuk dimainkan. Hal yang cukup kurang memuaskan adalah walau ada banyak karakter dan mecha, untuk bisa membukanya kalian harus unlock dulu. Hal ini tentunya cukup menggangu karena kalian akan memerlukan waktu lama jika tidak mengeluarkan uang.

Super Mecha Champions bisa dimainkan di perangkat Android dan iOS, serta di PC.

Leave A Comment