Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

The Bureau: XCOM Declassified - featured image

The Bureau: XCOM Declassified, Prekuel dengan Gameplay yang Berbeda

Sebelum XCOM: Enemy Unknown, 2K Games mengumumkan reboot dari game klasik X-COM yang berjudul XCOM. Game ini membuat para fans kaget dan kecewa karena game klasik strategi mereka berubah menjadi game first-person shooter.  Melihat respon fans, tentunya 2K Games merombak ulang game-nya secara habis-habisan dan akhirnya rilis dengan judul The Bureau: XCOM Declassified.

The Bureau: XCOM Declassified kini menjadi game third-person shooter dengan elemen strategi yang membuat kalian bisa mengatur posisi tim kalian secara real-time. Game ini mengambil setting pada tahun 1962, tepat pada saat Perang Dingin lagi sengit-sengitnya. Cerita dimulai ketika bumi pertama kali diserang oleh alien, dan Amerika Serikat mendirikan The Bureau, sebuah organisasi elit rahasia yang untuk menghadapi serangan Uni Soviet, tetapi sebenarnya adalah untuk menghadapi alien.

Prekuel XCOM: Enemy Unknown

The Bureau: XCOM Declassified mengambil setting pada tahun 1962. Cerita dimulai ketika sejumlah komandan Amerika Serikat sedang rapat mengenai Perang Dingin. Tetapi tiba-tiba markas tempat mereka rapat diserang oleh alien. Kalian mengendalikan William Carter, seorang agen CIA yang sedang berada di fasilitas tersebut.

The Bureau: XCOM Declassified - 3

Setelah berhasil kabur, kalian akan tiba The Bureau, sebuah organisasi rahasia untuk mencegah serangan Uni Soviet. Namun karena serangan alien ini, organisasi ini berubah menjadi XCOM dan harus menghentikan serangan alien yang menguasai dunia.

Kini menjadi agen XCOM, Carter harus pergi menjelajahi Amerika Serikat untuk menyelamatkan orang-orang penting, melindungi fasilitas berharga, dan juga mengambil teknologi alien untuk bisa dimanfaatkan oleh umat manusia.

Gameplay TPS dengan Strategi

The Bureau: XCOM Declassified menghadirkan gameplay third-person shooter (TPS). Serupa dengan game TPS lainnya pada era itu, kalian bisa membawa 2 macam senjata serta berlindung di balik lindungan.

Tetapi The Bureau: XCOM Declassified menghadirkan keunikan lain yaitu sistem strategi. Ketika kalian berangkat dalam misi, kalian akan ditemani 2 agen lainnya. Kalian akan bisa memberi perintah kepada kedua agen ini dengan sistem yang unik.

The Bureau: XCOM Declassified - 1

Kalian bisa menyuruh mereka pergi ke posisi tertentu untuk bisa menyerang musuh dari posisi yang lebih menguntungkan. Selain itu, agen juga memiliki class yang menentukan kemampuan mereka seperti ada class engineer yang dapat memasang ranjau dan stasiun senapan otomatis. Karakter juga bisa naik level untuk membuka kemampuan baru, serupa dengan di XCOM: Enemy Unknown.

Pengembangan yang Bermasalah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, game ini awalnya adalah reboot dari X-COM. Awalnya game ini tetap dibuat sebagai game strategi, sama seperti X-COM asli. Namun karena game ini dikembangkan oleh Irrational Games yang merupakan spesialis game first-person shooter dan pada saat itu memang lagi populer genre tersebut, reboot-nya dibuat menjadi game FPS.

Tapi ketika game ini diungkapkan untuk pertama kalinya, fans pada kecewa karena perubahan genre ini. X-COM adalah game strategi yang sangat terkenal, tetapi reboot-nya malah berubah jadi game FPS yang biasanya tidak memerlukan strategi.

The Bureau: XCOM Declassified - 2

Ternyata dari sisi pengembangannya pun memang bermasalah. Karena perbedaan zona waktu dan juga banyak staf kunci yang keluar, game-nya pun mengalami perubahan berkali-kali, termasuk dikerjakan beberapa kali oleh studio yang berbeda.

Kesimpulan

The Bureau: XCOM Declassified bisa dibilang sebagai game yang biasa saja. Dari segi game TPS, game ini menghadirkan gameplay yang tidak spesial. Sedangkan sebagai game strategi, gameplay yang dihadirkan cukup sederhana. Bahkan game ini juga menawarkan sistem agen bergerak otomatis bagi yang kurang biasa bermain game strategi.

Meski begitu, cerita yang dihadirkan oleh game ini sedikit menarik. Bahkan ada twist yang cukup tidak terduga. Jadi bagi kalian yang penasaran, kalian disarankan membeli game ini ketika ada diskon besar saja.

The Bureau: XCOM Declassified bisa dimainkan di PC, PlayStation 3, dan Xbox 360.

Leave A Comment