Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Ace Combat 7 - Featured

Ace Combat 7: Skies Unknown, Kembalinya Kejayaan Ace Combat

Setelah Ace Combat: Assault Horizon pada 2011 dan Ace Combat Infinity pada 2014 yang mendapatkan respon yang kurang bagus, seri flight simulator ini terlihat seperti mati, tidak ada kabar baru. Namun di 2019, Bandai Namco dan Project Aces merilis Ace Combat 7: Skies Unknown. Game ini menandakan kembalinya seri utama setelah 12 tahun berlalu.

Dengan kembalinya ke seri utama, Ace Combat 7 juga kembali mengambil setting di strangereal, dunia fiktif dari seri game ini. Tidak hanya itu, gameplay-nya pun dibuat semirip mungkin dengan judul-judul klasik. Sistem baru yang diperkenalkan di Assault Horizon tidak dibawa kembali ke game ini karena mendapatkan respon yang negatif.

Gameplay yang familiar

Setelah satu dekade lebih berlalu, Ace Combat 7 kembali menghadirkan gameplay klasik yang sudah familiar bagi penggemarnya. Walau ini adalah game flight simulator, kalian tidak perlu khawatir soal kontrol yang kompleks.

Ace Combat 7 - formation

Ace Combat 7 memiliki kontrol yang cukup sederhana. Kalian bisa mengontrol pesawat dengan luwes hanya dengan sebuah controller. Kalian bisa mengendalikan pesawat menggunakan analog kiri serta tombol shoulder untuk mengatur kecepatan. Sedangkan tombol-tombol aksi digunakan untuk menembak misil atau senapan mesin, mengganti target musuh, dan mengganti senjata spesial.

Game ini juga menawarkan dua tipe kontrol yang bisa digunakan: Standard dan Expert. Standard ditujukan untuk kalian yang belum biasa bermain game flight simulator. Ketika kalian belok menggunakan analog kiri, pesawat kalian akan otomatis bergerak sesuai gerakan analog.

Sedangkan untuk mode Expert, untuk belok kalian harus memutar pesawat dulu ke arah yang ingin kalian tuju dengan cara menggerakan analog kiri ke arah samping. Setelah pesawat berputar 90 derajat, baru kalian bisa belok dengan menggerakan analog kiri ke arah bawah.

Cerita dari tiga sudut pandang

Mengikuti kesuksesan dari Ace Combat 4, 5, dan Zero, cerita game ini cukup unik karena mengambil sudut pandang dari tiga orang yang berbeda. Meski berbeda, ketiganya berfokus pada cerita yang sama yaitu mengenai peperangan antara Osean Federation dan Kingdom of Erusea.

Ace Combat 7 - Stonehenge

Cerita pada custcene akan mengambil sudut pandang dari tiga orang: Avril Mead, seorang mekanik pesawat civilian yang melanggar peraturan penerbangan saat perang; Rosa Cossete D’Elise, seorang putri dari Kingdom Erusea yang percaya perang ini akan menghentikan pengaruh Osea di benua Usean; dan Dr. Schroeder, seorang ilmuwan yang mengerjakan teknologi drone di Erusea.

Sedangkan dalam game ini, kalian akan menjadi Trigger, seorang pilot pesawat tempur di Osean. Masih sama seperti game-game sebelumnya, karakter kalian akan diam saja selama permainan, dan cerita mengenai Trigger akan disampaikan ketika dalam gameplay, bukan dalam cutscene.

Berbagai fitur baru

Walau gameplay masih serupa dengan game-game sebelumnya, Ace Combat 7 menghadirkan berbagai fitur baru. Salah satu fitur baru yang disorotkan adalah awan. Kali ini awan tidak hanya hadir di background, tetapi menjadi bagian dari gameplay.

Ace Combat 7 - Post Stall Maneuver

Kalian akan bisa masuk ke dalam awan untuk bersembunyi atau menghindari serangan musuh. Namun kalian tidak bisa lama-lama dalam awan karena kalian tidak bisa melihat dan bisa terjadi pembekuan yang berbahaya bagi pesawat kalian.

Fitur baru lainnya adalah kalian kini bisa melakukan Post Stall Maneuver untuk melakukan gerakan kobra yang cukup sulit dilakukan. Sistem upgrade juga kini menyerupai Ace Combat Infinity. Uang dari misi bisa kalian gunakan untuk membuka part, senjata, atau pesawat baru dari Aircraft Tree.

Misi yang variatif

Sama seperti game-game sebelumnya, Ace Combat 7 menghadirkan banyak misi yang tentunya sangat variatif. Jadi kalian tidak akan bosan ketika bermain. Struktur misi masih menggunakan konsep yang serupa yaitu sebagian besar akan membuat kalian harus menghancurkan musuh yang banyak sehingga skor kalian cukup sebelum waktu berakhir.

Tetapi mungkin hal yang paling cukup disayangkan adalah tingkat kesulitan game ini. Walau dalam tingkat kesulitan normal, Ace Combat 7 masih cukup penuh tantangan untuk dimainkan, apalagi bagi yang belum biasa. Sayangnya, karena struktur misi yang berbasis high score, checkpoint dalam game ini cukup jarang. Jadi kalau kalian mati, kalian akan sering mengulang misi dari awal.

Kesimpulan

Dengan Ace Combat 7: Skies Unknown, Project Aces berhasil mengembalikan kejayaan dari seri flight simulator dengan gameplay arcade ini. Walau ceritanya tidak berhubungan langsung dengan game-game sebelumnya, kalian akan menemukan banyak easter egg yang sangat ikonik. Hal lain yang tetap dipertahankan adalah soundtrack yang akan memacu adrenalin kalian ketika bermain.

Ace Combat 7 juga mendapatkan penjualan yang cukup baik. Pada November 2023, Bandai Namco mengumumkan bahwa game ini telah terjual sebanyak 5 juta kopi. Tidak hanya itu, kesuksesan game ini juga menghadirkan kolaborasi dengan Top Gun: Maverick dan juga mengkonfirmasikan bahwa sekuel terbaru sudah mulai dikerjakan.

Ace Combat 7: Skies Unknown bisa kalian mainkan di Xbox One, PlayStation 4, dan PC. Untuk versi PS4 ada mode tambahan yaitu VR mode.

Leave A Comment