Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Kreator Suikoden & Eiyuden Chronicle Yoshitaka Murayama Meninggal

Kalian yang sudah bermain game sejak tahun 90an mungkin sudah tidak asing lagi dengan seri JRPG Suikoden. Seri RPG ini cukup unik karena menghadirkan anggota party mencapai 108 orang. Otak dibalik dari seri Suikoden adalah Yoshitaka Murayama.

Pada tanggal 14 Februari 2024, bertepatan dengan Hari Pemilu Indonesia dan Hari Valentine, Rabbit and Bear Studios mengumumkan berita buruk. Studio tersebut mengumumkan bahwa Yoshitaka Murayama telah meninggal dunia pada tanggal 6 Februari 2024. Dikatakan bahwa penyebabnya adalah terjadi komplikasi pada penyakit yang sudah lama dideritanya.

Kreator ini saat ini sedang mengerjakan Eiyuden Chronicle, spiritual successor dari Suikoden yang berupa game RPG dengan jumlah karakter yang lebih dari 100 orang. Untuk game ini, Murayama bekerja sebagai sutradara, produser, dan juga sebagai penulis skenario utama.  Rabbit & Bear Studios mengatakan bahwa tugas Murayama sebagai penulis skenario sudah selesai, tetapi mereka tetap sedih karena Murayama sudah tidak bersama mereka lagi dan tidak bisa melihat rilisnya Eiyuden Chronicle.

Kreator Suikoden

Murayama memulai karirnya di Konami pada tahun 1992 dan membuat seri Suikoden. Suikoden pertama kali rilis pada tahun 1995 di Jepang dan mendapatkan respon yang positif tetapi sayangnya penjualannya kurang bagus. Namun berkat komentar dari para pemainnya, penjualannya pelan-pelan meningkat dan menjadi judul yang cult.

Untuk sekuelnya, karena sudah terdengar info bahwa Squaresoft tengah membuat Final Fantasy VII, Murayama dan timnya tahu mereka tidak akan bisa menang melawan judul tersebut. Ketika sedang menentukan aspek apa yang harus difokus pada Suikoden II, respons dari fans membuat timnya untuk berfokus pada dunia dan karakternya daripada grafik dan sistem game-nya. Suikoden II rilis pada 1998 dan mendapatkan respon yang serupa seperti game sebelumnya.

Suikoden remaster

Ketika mengerjakan game ketiganya, tepat sebulan sebelum Suikoden III rilis pada 2002, Murayama keluar dari Konami. Sesuai dengan kebijakan Konami, namanya dihapus dari kredit game-nya. Tetapi di 2009 terungkap melalui wawancara dengan majalah Swedia LEVEL bahwa Murayama keluar dari Konami karena dia sudah tepat bekerja 10 tahun di perusahaan tersebut.  Atasannya pun sangat suportif atas dirinya dan mengizinkan Murayama untuk bebas mengerjakan Suikoden berikutnya sesuai keinginan dirinya. Bahkan ia mengaku bahwa ia masih berhubungan baik dengan tim lamanya.

Penerus Eiyuden Chronicle

Pada tahun 2020, Yoshitaka Murayama bersama mantan staff Suikoden dan Konami mengumumkan Eiyuden Chronicles: Hundred Heroes melalui Kickstarter. Fans yang haus akan Suikoden baru pun langsung berkumpul pada Kickstarter ini game-nya berhasil mencapai target hanya dalam waktu 3 jam. Tidak hanya itu, bahkan seluruh stretch goal berhasil tercapai.

Eiyuden Chronicle

Pada akhir kampanyenya, game ini berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 4.541.481 dengan 46.307 pendukung. Angka ini membuat Eiyuden Chronicle berada di posisi ketiga dalam game dengan pendanaan terbesar, di belakang Shenmue III dan Bloodstained: Ritual of the Night.

Sama seperti Suikoden, Eiyuden Chronicle menghadirkan banyak karakter yang bisa kalian rekrut sebagai anggota party. Selain itu, dunia yang dihadirkan juga terlihat luas dan penuh dengan aktivitas. Kalian akan bisa membangun kota yang hancur, bermain banyak mini-game unik, dan masih banyak lainnya.

Eiyuden Chronicle juga mendapatkan game prolog berjuudl Eiyuden Chronicle: Rising yang rilis pada 10 Mei 2022 untuk Nintendo Switch, PlayStation 4, PlayStation 5, PC, Xbox One, dan Xbox Series X/S.

Sedangkan game utama Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes akan rilis pada 23 April 2024 untuk Nintendo Switch, PlayStation 4, PlayStation 5, PC, Xbox One, dan Xbox Series X/S.

Leave A Comment