Dark

Auto

Light

Dark

Auto

Light

Nintendo Switch 2 mockup

Nintendo Switch 2: Rumor Terus Beredar, Akan Segera Diumumkan?

Tidak terasa, sudah enam tahun berlalu sejak Nintendo Switch pertama kali diluncurkan pada tahun 2017. Memang saat ini Nintendo Switch masih terlihat kuat, masih ada banyak game baru yang rilis, bahkan sudah mendapatkan update konsol berupa Nintendo Switch Lite dan Nintendo Switch OLED.

Sayangnya kedua update tersebut tidak meningkatkan kemampuan hardware Nintendo Switch, versi Lite hanya membuat konsol menjadi lebih kecil dan ringan, sedangkan versi OLED hanya mengganti layar dari layar LCD menjadi OLED.

Mengingat umur Nintendo Switch yang sudah cukup tua, apalagi semakin banyak game-game besar yang tidak bisa hadir di konsol ini karena memerlukan spesifikasi yang tinggi, tidak aneh jika Nintendo akan mengumumkan konsol penerus dari Nintendo Switch dalam waktu dekat.

Rumor Nintendo Switch 2

Rumor tentang kehadiran Nintendo Switch 2 berawal dari Gamescom 2023. Dalam gelaran pameran game terbesar di dunia tersebut ada beberapa developer yang mengatakan bahwa Nintendo telah memperlihatkan demonstrasi dari konsol terbarunya di balik layar. Eurogamer mengklaim bahwa rekan-rekan bisnis diperlihatkan tech demo dari The Legend of Zelda: Breath of the Wild yang diperindah. VGC juga memperkuat rumornya dengan mengatakan demo-nya berjalan dengan frame rate dan resolusi yang lebih tinggi dari versi rilis.

Bahkan VGC juga mengatakan bahwa Nintendo juga menjalankan demo Matrix Awakens Unreal Engine 5. Demo ini sudah menggunakan teknologi upscaling menggunakan DLSS dan juga ray tracing.

Nintendo Switch OLED

Rumornya juga diperkuat dalam kasus sidang akusisi Activision Blizzard oleh Microsoft. Dalam sidang tersebut, Activision mengatakan bahwa mereka mendapatkan presentasi dari Nintendo mengenai Switch 2 pada akhir 2022. Pernyataan itu diperkuat dengan bukti potongan email yang menyebutkan “NG (Next Generation) Switch).

Dalam berita terkait, Brad Smith dari Activision juga sempat mengatakan bahwa mereka telah membuat perjanjian 10 tahun untuk membawa Call of Duty ke Switch, mengatakan bahwa versi Switch akan rilis pada hari yang sama dengan Xbox, dengan fitur dan konten yang lengkap.

Spesifikasi Nintendo Switch 2

Untuk soal spesifikasinya, narasumber telah mengungkapkan kepada Digital Foundry bahwa Switch 2 akan menggunakan chip Nvidia T239 yang telah dikostumisasi. T239 adalah mobile processor yang cukup canggih. Dengan basis CPU ARM78C yang octo-core, dikombinasikan dengan unit grafis yang menggunakan arsitektur dari RTX 30-series, dan digabungkan dengan elemen terbaru GPU Ada Lovelace.

Berkat chip ini, Switch 2 akan memiliki teknologi DLSS. Ini adalah teknologi AI yang meng-upscale resolusi rendah. Tujuan utama DLSS adalah membuat unit GPU menjalankan grafis dengan resolusi lebih rendah agar performa berjalan lebih baik, yang kemudian akan di-upscale agar terlihat memiliki grafis yang setara dengan kalau berjalan dengan resolusi tinggi.

Rumor lain yang beredar adalah Nintendo Switch 2 kemungkinan akan menggunakan layar OLED buatan Samsung. Informasi ini terungkap melalui situs Chosun Biz yang mengatakan bahwa pada tanggal 1 Desember, Nintendo sudah bertemu dengan Samsung Display untuk meminta suplai layar OLED.  

Rumor yang berkait dari Korea juga mengatakan bahwa Nintendo Switch 2 kemungkinan akan rilis pada awal 2024.

https://twitter.com/Tech_Reve/status/1731608858467111153

Nintendo Membantah

Tentunya mendengar rumor ini, berbagai media meminta komentar Nintendo soal rumornya. Nikkei berhasil mewawancarai president Nintendo Shuntaro Furukawa yang tentunya membantah rumornya. Ia mengatakan bahwa Nintendo masih terus mendukung Nintendo Switch dengan merilis game yang akan terus rilis sampai Maret 2025.

Hal ini tidak aneh karena memang masih ada beberapa game Switch yang telah diumumkan tapi masih belum rilis. Untuk tahun depan saja Nintendo sudah mengumumkan remake dari Paper Mario: The Thousand-Year Door, Mario vs. Donkey Kong Remake, dan juga Princess Peach: Showtime. Belum lagi ada Luigi’s Mansion 2 HD yang akan rilis 2024 dan Metroid Prime 4 yang belum ada kabar baru.

Hal ini tidak aneh juga karena penjualan Nintendo Switch saat ini sangat tinggi, bisa mencapai posisi ketiga dalam penjualan konsol terbaik sepanjang masa. Penjualan Nintendo Switch saat ini sudah mencapai 132 juta unit, kalah dengan PlayStation 2 yang terjual lebih dari 155 juta unit dan Nintendo DS yang terjual lebih dari 154 juta unit.

Leave A Comment